Ahad 07 Jul 2024 18:23 WIB

Sekjen MUI: Orang Beriman Itu Dia yang Hijrah dan Jihad di Jalan Allah

Orang beriman itu yakin Allah Maha Pengasih dan Pengampun.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Amirsyah Tambunan menyampaikan sambutan pada Tabligh Akbar bertema MUI Menyapa Umat: Harmoni Ulama, Umara dengan Umat Menuju Indonesia Maju di Masjid Al-Ittihad, Cibubur, Jakarta, Ahad (7/7/2024).

Dalam sambutannya, Buya Amirsyah mengatakan, Nabi Muhammad SAW berhasil membentuk negara Madinah ketika Rasulullah SAW memulai dengan menanamkan satu keyakinan. Yaitu yang disebut dengan Tauhid. 

Baca Juga

Itu sebabnya kenapa Allah mengatakan dalam Alquran Surat Al-Baqarah 218. 

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ ٱللَّهِ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Innallażīna āmanụ wallażīna hājarụ wa jāhadụ fī sabīlillāhi ulā`ika yarjụna raḥmatallāh, wallāhu gafụrur raḥīm

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al-Baqarah Ayat 218)

Buya Amirsyah mengatakan, orang beriman itu, dia senantiasa melakukan hijrah dan jihad. Orang beriman itu yakin Allah Maha Pengasih dan Pengampun. Karena itu, dia mengharapkan ampunan dan kasih sayang Allah. 

photo
Jamaah membaca Alquran di Masjid Nabawi, Kamis (23/5/2024). - (Republika/Karta Raharja Ucu)

"Siapa orang yang beriman itu? Kata Rasulullah SAW, orang beriman itu dia yakini dalam hatinya. dia buktikan dengan amal perbuatan yang baik," kata Buya Amirsyah di Masjid Al-Ittihad, Cibubur, Jakarta, Ahad (7/7/2024).

Buya Amirsyah menjelaskan, karena itu, kalau seseorang mengatakan bahwa dirinya sudah berhijrah tapi imannya belum mampu mendorong dia untuk berhijrah dan berjihad, tentu imannya patut dipertanyakan.

Kalau umat Islam mau hijrah dan berjihad, maka imannya harus diperkuat. Itulah sebuah fakta dan bukti mengapa Rasulullah SAW berhasil mengubah situasi jahiliah kepada situasi Madinah yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah SWT.

"Rasulullah mampu mengubah mindset keyakinan masyarakat di Madinah, sejarah ini patut kita contoh jika umat dan bangsa Indonesia mau berhijrah dan berjihad mari kita tanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala," ujar Buya Amirsyah.

Buya Amirsyah mengatakan, umat dan bangsa Indonesia akan jauh dari ampunan dan rahmat Allah, jika umat dan bangsa Indonesia tidak mempunyai kesungguhan untuk beriman, tidak mempunyai kesungguhan untuk berjihad, tidak punya kesungguhan untuk berhijrah. 

Ia menegaskan, umat dan bangsa Indonesia akan jauh dari ampunan dan rahmat Allah, jika hijrah hanya di kata-kata. Tapi tidak pernah memberikan bekas apa sesungguhnya makna dari hijrah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement