Selasa 02 Jul 2024 21:37 WIB

Gandeng Indomaret, LAZISNU Serahkan Bantuan Renovasi Sekolah dan Beasiswa Santri di Jatim

LAZISNU berkomitmen bantu para santri di berbagai daerah

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Penyerahan bantuan LAZISNU untuk renovasi sekolah dan beasiswa santri di Jawa Timur
Foto: Dok Istimewa
Penyerahan bantuan LAZISNU untuk renovasi sekolah dan beasiswa santri di Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO— Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PBNU menyerahkan bantuan renovasi sekolah dan beasiswa santri, Jumat (28/06/2024).

Agenda tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren Abdullah Abbas Al-Haromain, Puri, Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga

Kegiatan yang bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) ini merupakan bagian dari program Nusantara Unggul dan Cerdas. Agenda ini adalah persembahan dari hasil penggalangan Sedekah Peduli Kemanusiaan Indomaret.

Pengurus LAZISNU PBNU, H Ending Syarifuddin mengatakan dengan adanya program tersebut menunjukkan bahwa Indomaret tidak hanya mengutamakan profit, tetapi juga ikut peduli kepada masyarakat.

Salah satunya melalui fasilitasi sedekah uang kembalian para konsumen yang bekerja sama dengan LAZISNU.

“Jadi, uang kembalian konsumen yang disedekahkan ke Indomaret itu dikembalikan kepada masyarakat, melalui program ini. Kebetulan kami LAZISNU sebagai mitra program yang menyalurkan kepada masyarakat penerima manfaat,” jelas Ending dalam keterangannya, Selasa (2/7/2024).

Dia menyebutkan, bahwa keterlibatan Indomaret dalam program tidak lantas untuk mengakuisisi program, akan tetapi Indomaret memfasilitasi dari sekian ribuan gerai yang dimiliki untuk membuka program Sedekah Peduli Kemanusiaan kepada masyarakat.

“Kami LAZISNU bertanggungjawab dan melaporkan kepada Indomaret secara berkala. Program ini juga dilakukan audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dan audit syariah Kemenag, sebelum dilaporkan ke BAZNAS dan PBNU,” terangnya.

Sementara itu, Manager Public Relation PT Indomarco Prismatama, Teguh Irawan menjelaskan bahwa hasil sedekah uang kembalian konsumen Indomaret tersebut penyaluran dan pengelolaannya dibedakan, tidak dicampur dengan bentuk bantuan Indomaret lainnya. “Ini agar benar-benar murni hasil sedekah konsumen yang difasilitasi Indomaret,” ungkap Teguh.

Dirinya menyampaikan bahwa ikhtiar itu dilakukan sebagai wujud kehadiran Indomaret bagi masyarakat, termasuk memfasilitasi konsumen Indomaret untuk sedekah. Bentuk implementasi dari program sedekah ini pun beragam, di antaranya bantuan sarana pendidikan hingga bantuan modal bagi UMKM.

“Pernah juga dialokasikan untuk gempa di Lombok dan Palu. Termasuk pula bantuan beasiswa santri berprestasi yang tergolong kurang mampu,” tuturnya.

Wakil Bupati Mojokerto periode 2021-2024 H Muhammad Al-Barra yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi sinergi LAZISNU dan Indomaret. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk kepedulian LAZISNU dan Indomaret kepada masyarakat.

“Dokumentasi kegiatannya dapat dilihat di Instagram atau media sosial lainnya. Saya kira LAZISNU ini terus berbuat banyak untuk masyarakat Indonesia,” kata Gus Barra, sapaan akrabnya.

Kunci untuk sukses, kata dia, ialah dengan memberikan perhatian lebih di sektor pendidikan, terlebih pendidikan di pesantren. Sektor pendidikan ini sangat perlu diperhatikan karena sebagai awal melahirkan generasi terbaik bangsa.

“Saya kira masih banyak lagi pesantren yang mungkin sangat berhak dan layak menerima bantuan ini, baik berbentuk operasional ataupun beasiswa,” kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement