Jumat 28 Jun 2024 16:48 WIB

Berburu Berkah Rasulullah SAW

Para sahabat Rasulullah lakukan hal-hal ini untuk mendapatkan keberkahan (tabarruk).

ILUSTRASI Rasulullah SAW.
Foto:

Para sahabat juga ber-tabarruk dengan barang-barang yang pernah digunakan Rasulullah SAW. Abu Barda meriwayatkan bahwa Abdullah bin Salam berkata padanya terkait gelas Nabi SAW.

Saat iu, Abdullah bin Salam menawarkan Abu Barda minum dari gelas yang pernah Rasul SAW gunakan. Gelas yang sama sampai ke tangan khalifah Bani Umayyah, Umar bin Abdul Aziz, dan ia tetap menggunakannya.

Ketika ‘Abdullah bin Anis kembali dari suatu peperangan setelah membunuh Khalid bin Sufyan, Rasulullah SAW memberikan hadiah kepadanya. Pemberian itu berupa sebuah tongkat.

Nabi SAW bersabda, “Itu akan menjadi tanda di antara kau dan aku pada hari kebangkitan.”

Setelah itu, ‘Abdullah bin Anis tidak pernah berpisah dari tongkat itu. Bahkan, benda tersebut ikut dikubur dengannya setelah wafatnya (HR Ahmad dan al-Waqidi).

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, Asma’ binti Abu Bakr pernah menunjukkan kepada bekas budaknya, Abdulah, jubah Rasulullah SAW yang terbuat dari kain Persia.

Asma' berkata, "Ini adalah jubah Rasulullah yang disimpan 'Aisyah hingga wafatnya, lalu aku yang menyimpannya. Nabi dulu biasa memakainya, dan kami mencucinya untuk orang yang sakit hingga mereka dapat sembuh karenanya."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement