Senin 24 Jun 2024 12:41 WIB

Nyatakan Secara Tegas Hamas Menang, Ini Laporan Utuh Media Amerika Serikat Foreign Affairs

Hamas adalah kelompok perlawanan terkuat di Gaza Palestina

Pejuang Hamas, ilustrasi. Hamas adalah kelompok perlawanan terkuat di Gaza Palestina

Semakin banyak orang yang dibunuh Amerika Serikat, semakin cepat pemberontakan itu berkembang.Pemberontakan tidak runtuh sampai Amerika Serikat beralih ke pendekatan baru, menawarkan insentif politik dan ekonomi untuk mendorong suku-suku Sunni menentang para teroris.

Pergeseran tersebut pada akhirnya menghancurkan pemberontakan, karena hilangnya dukungan masyarakat lokal menyebabkan pembelotan massal, aksi intelijen, dan kebangkitan kekuatan oposisi Sunni yang disebut Kebangkitan Anbar. Pada 2009, pemberontakan hampir runtuh karena satu alasan utama: hilangnya dukungan masyarakat membuat para teroris tidak dapat mengisi kembali barisan mereka.

Hati dan pikiran

Dinamika ini membantu menjelaskan kekuatan Hamas dalam perangnya dengan Israel. Untuk menilai kekuatan sebenarnya dari kelompok ini, para analis harus mempertimbangkan berbagai dimensi dukungannya di kalangan warga Palestina.

Hal ini termasuk popularitasnya dibandingkan dengan saingan politiknya, sejauh mana warga Palestina memandang kekerasan Hamas terhadap warga sipil Israel dapat diterima, dan berapa banyak warga Palestina yang telah kehilangan anggota keluarga dalam invasi Israel ke Gaza yang sedang berlangsung.

Faktor-faktor ini, lebih dari sekadar faktor material, memberikan ukuran terbaik bagi kekuatan Hamas untuk melakukan kampanye teroris yang berlarut-larut di masa depan.

Survei opini Palestina dapat membantu menilai sejauh mana dukungan masyarakat terhadap Hamas. Untuk memperhitungkan tantangan dalam mensurvei populasi di Gaza sejak 7 Oktober, Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina (PSR), sebuah organisasi jajak pendapat yang didirikan pada 1993 setelah perjanjian Oslo yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga Israel, menyertakan wawancara dengan para pengungsi di tempat penampungan sementara dan secara kasar menggandakan jumlah responden yang diwawancarai karena distribusi penduduk yang tidak menentu dan terus berubah-ubah di wilayah tersebut.

Lima survei PSR dari Juni 2023 hingga yang terbaru, yang diselesaikan pada Juni 2024, menyajikan temuan yang mencolok: dalam hampir semua ukuran, Hamas memiliki lebih banyak dukungan di antara warga Palestina saat ini daripada sebelum 7 Oktober.

Dukungan politik untuk Hamas telah berkembang, terutama dibandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya, meskipun Hamas dan saingan utamanya, Fatah, menikmati tingkat dukungan yang kurang lebih setara pada Juni 2023, pada Juni 2024, dua kali lebih banyak orang Palestina yang mendukung Hamas (40 persen dibandingkan dengan 20 persen untuk Fatah).

Serangan Israel tidak membuat warga Palestina berbalik arah tidak mendukung Hamas.

Pengeboman dan invasi darat Israel ke Gaza tidak mengurangi dukungan Palestina terhadap serangan terhadap warga sipil Israel di dalam wilayah Israel atau secara nyata menurunkan dukungan terhadap serangan 7 Oktober itu sendiri.

Pada Maret 2024, 73 persen warga Palestina percaya bahwa Hamas benar dalam melancarkan serangan 7 Oktober. Angka-angka ini sangat tinggi, tidak hanya setelah serangan itu mendorong kampanye brutal Israel tetapi juga mengingat fakta bahwa jumlah yang lebih rendah, 53 persen, warga Palestina mendukung serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel pada September 2023.

Hamas sedang menikmati momen "kibarkan bendera", yang membantu menjelaskan mengapa warga Gaza tidak memberikan informasi intelijen yang lebih banyak kepada pasukan Israel mengenai keberadaan para pemimpin Hamas dan sandera Israel.

Dukungan terhadap serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel tampaknya telah meningkat terutama di kalangan warga Palestina di Tepi Barat, yang kini setara dengan tingkat dukungan yang tinggi secara konsisten terhadap serangan-serangan ini di Gaza, yang menunjukkan bahwa Hamas telah memperoleh keuntungan yang luas di seluruh masyarakat Palestina sejak tanggal 7 Oktober.

Data survei juga menunjukkan bagaimana kampanye militer Israel telah mempengaruhi warga Palestina. Pada Maret 2024, bobot harga yang dirasakan dari perang terhadap penduduk Palestina sangat tinggi. Enam puluh persen warga Palestina di Gaza melaporkan bahwa anggota keluarga mereka terbunuh dalam perang saat ini, sementara lebih dari tiga perempatnya melaporkan bahwa anggota keluarga mereka terbunuh atau terluka, kedua angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Desember 2023.

Hukuman ini tidak memberikan efek jera yang signifikan di kalangan warga Palestina, gagal mengurangi dukungan mereka terhadap serangan bersenjata terhadap warga sipil Israel dan dukungan mereka terhadap Hamas.

Sebelum 7 Oktober, Hamas telah mengalami kemunduran sebagai sebuah kekuatan politik dan, jika ada, mengalami kemunduran. Kelompok ini khawatir bahwa perjuangan mereka-dan nasib rakyat Palestina secara lebih luas-sedang dikesampingkan oleh Perjanjian Abraham, perjanjian yang berusaha menormalkan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab.

Sebelum serangannya terhadap Israel pada 7 Oktober, Hamas memperhitungkan masa depan yang tidak relevan, dengan semakin sedikitnya alasan bagi warga Palestina untuk mendukung kelompok tersebut.

Setelah 7 Oktober, dukungan Palestina terhadap Hamas melonjak, sehingga merugikan keamanan Israel. Ya, Israel telah membunuh ribuan pejuang Hamas di Gaza. Namun, kehilangan para pejuang generasi saat ini telah diimbangi dengan meningkatnya dukungan terhadap Hamas dan kemampuan kelompok ini untuk merekrut generasi berikutnya dengan lebih baik.

Sementara itu, hingga para anggota baru itu tiba, semua tanda menunjukkan bahwa para pejuang Hamas saat ini cenderung lebih bersemangat daripada sebelumnya untuk melancarkan perang gerilya yang berlarut-larut terhadap target Israel yang dapat mereka serang.

Kekuatan pesan

Hukuman luar biasa yang dijatuhkan Israel ke Gaza jelas mendorong banyak warga Palestina untuk semakin memusuhi negara Yahudi itu. Tapi mengapa Hamas diuntungkan dari reaksi ini? Bagaimanapun juga, serangannya adalah penyebab langsung dari perang yang telah meratakan sebagian besar wilayah Gaza dan menewaskan begitu banyak orang.

Jawabannya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement