Sabtu 22 Jun 2024 17:26 WIB

Meningkatkan Kualitas Ibadah dengan Menjaga Jadwal Sholat Hari Ini: 22 Juni 2024, Bandung

Menjalankan sholat sesuai waktu yang telah ditentukan merupakan bagian dari ketaatan.

Melaksanakan sholat. (ilustrasi)
Foto: Republika.
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ibadah sholat merupakan pilar utama dalam kehidupan umat Islam yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu. Upaya menjaga dan menunaikan sholat sesuai jadwal tidak hanya menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga membawa banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa mengingat dan mengikuti jadwal sholat dengan baik.

Bagi masyarakat Bandung, menjalankan sholat sesuai waktu yang telah ditentukan merupakan bagian dari ketaatan yang tidak bisa diabaikan. Jadwal sholat di kota Bandung pada hari ini, 22 Juni 2024, adalah sebagai berikut:

- Shubuh: 04:38

- Dhuhur: 11:55

- Ashar: 15:16

- Maghrib: 17:46

- Isya: 19:00

Menjaga sholat yang rutin dan tepat waktu adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman pada surat Al-Baqarah (2:238): "Peliharalah segala shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'." (QS. Al-Baqarah: 238).

Melalui ayat ini, kita diingatkan betapa pentingnya menjaga waktu sholat, utamanya sholat tengah, yang diartikan sebagai sholat Ashar, dan melakukannya dengan khusyu'. Sholat yang khusyu’ bukan hanya mengenai disiplin waktu, tetapi juga tentang kualitas dan kekhidmatan ibadah yang kita jalankan.

Di era digital ini, berbagai kemudahan untuk mengingatkan kita tentang waktu sholat telah tersedia, termasuk aplikasi penanda waktu sholat yang bisa diunduh melalui ponsel. Meskipun demikian, kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga ibadah sholat tetap harus diutamakan. Menggunakan teknologi sebagai alat bantu, bukan sebagai sumber utama ketaatan kita.

Adapun manfaat menjaga sholat tepat waktu sangatlah luas. Selain memberikan ketenangan batin dan kedekatan dengan Sang Pencipta, sholat dapat menjadi sarana introspeksi diri, mencapai ketenangan jiwa, serta menjadi benteng dari perbuatan-perbuatan yang tercela. Seperti yang dituliskan dalam Al-Qur'an, "Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (QS. Al-Ankabut: 45).

Menjaga jadwal sholat juga bisa menjadi salah satu cara kita mendisiplinkan diri dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita berkomitmen untuk meningkatkan kualitas ibadah dengan memastikan setiap sholat dilakukan di waktu yang telah ditentukan. Dengan demikian, kita tidak hanya menjalankan perintah Allah SWT, tetapi juga membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik dan taat.

Artikel ini disusun oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan komitmen ibadah umat Islam.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa menjaga sholat tepat waktu. Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement