Selasa 18 Jun 2024 09:59 WIB

Genosida di Gaza, Pemerintah Israel Netanyahu Pecah, dan AS Pesimis Israel Menang Perang

Israel sudah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal.

Juru bicara Pentagon John Kirby.
Foto: AP/Susan Walsh
Juru bicara Pentagon John Kirby.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perang Israel di Jalur Gaza telah mengakibatkan puluhan ribu warga Gaza, termasuk di dalamnya anak-anak tak berdosa wafat. Kementerian Kesehatan di Gaza membeberkan jumlah terbaru korban tewas akibat perang Israel vs Hamas. Sejauh ini, totalnya ada 37.232 orang yang tewas di Gaza.

Kantor Berita AFP pada Jumat (14/6/2024) melaporkan dari jumlah itu sedikitnya ada 30 orang tewas dalam 24 jam terakhir. Selain tewas, ada 85.037 orang terluka di jalur Gaza sejak perang Israel vs Hamas.

Baca Juga

Israel sudah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Meski mendapat kecaman, pasukan Israeli Defence Force (IDF) tetap saja meringsek masuk ke dalam jantung Kota Gaza hingga Rafah dengan maksud menghabisi pasukan perlawanan Palestina, baik Hamas maupun al-Quds. Namun ketika masuk ke dalam sana, mereka menghadapi kehancuran yang mengerikan. Kendaraan lapis baja mereka banyak yang hancur sehingga mengakibatkan Israel merugi hingga puluhan triliun rupiah. Ini belum termasuk kerugian pasukan mereka yang mengalami trauma dan gangguan kesehatan jiwa sehingga menjadi tidak produktif.

 

Sementara itu di sisi utara, mereka menghadapi Hizbullah Lebanon yang terus membombardir area Israel. Perlawanan itu terus terjadi sehingga menyebabkan Israel kualahan. Lalu apa kata pihak Amerika Serikat selaku pendukung utama negeri zionis tersebut?

Amerika Serikat tidak menginginkan adanya peperangan Israel dengan pihak selain Palestina atau peningkatan eskalasi di wilayah utara dengan Lebanon, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menegaskan hal tersebut, sebagaimana diberitakan al-Mayadeen.

Dalam sebuah konferensi pers, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby ditanya apakah AS masih percaya bahwa perang besar-besaran dengan Lebanon dapat dicegah, dan ia menjawab bahwa Hochstein dikirim ke wilayah tersebut karena alasan khusus tersebut.

“Jika kami begitu yakin akan hal itu, kami mungkin tidak akan membiarkan Amos bepergian ke sana. Kami tentu saja mengkhawatirkan hal ini,” jawab Kirby, mengacu pada Amos Hochstein, asisten senior Presiden AS Joe Biden, yang berada di al-Quds untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Israel yang diduga mencoba menghentikan eskalasi lebih lanjut di Utara. 

“Kami tidak ingin melihat eskalasi, front kedua dalam perang Israel dan kami mengkhawatirkan hal itu,” tegasnya lagi.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller kemudian menyatakan, "Tingkat kekhawatiran kami belum benar-benar berubah; hal ini terus menjadi sesuatu yang kami khawatirkan." 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement