Selasa 18 Jun 2024 04:53 WIB

Jamaah Haji Diminta tak Paksakan Diri Lontar Jumrah Saat Situasi Padat

Saat ini jalur jamarat dipenuhi jamaah haji dari berbagai belahan dunia.

Seorang pria Muslim melempar batu kerikil saat menjalankan lempar Jumroh.
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Seorang pria Muslim melempar batu kerikil saat menjalankan lempar Jumroh.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi meminta jamaah haji Indonesia untuk tidak memaksakan diri melakukan lontar jumrah saat situasi di jalur Jamarat, Mina, padat.

Saat ini jalur jamarat dipenuhi jamaah dari berbagai belahan dunia. Mereka seolah serempak mengambil waktu lontar jumrah mulai sore hari setelah pukul 16.00 waktu Arab Saudi.

Baca Juga

Pengambilan waktu tersebut seiring dengan adanya peringatan dari otoritas setempat perihal cuaca panas yang melanda kawasan Mina pada Senin siang yang mencapai 45 derajat Celsius. Saat suhu udara relatif lebih baik, apalagi diselingi hujan di sekitar Mina pada pukul 16.00 WAS, membuat jamaah berduyun-duyun melaksanakan lontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah pada hari tasyrik.

Mengingat kepadatan tersebut, jamaah Indonesia diminta untuk menyesuaikan waktu dan menghindari kepadatan agar dapat melaksanakan lontar jumrah dengan nyaman.

 

Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahman, sebelumnya mengimbau kepada jamaah lanjut usia dan risiko tinggi agar membadalkan lontar jumrahnya, guna menjaga kesehatan dan keselamatan mereka.

"Jamaah haji dengan risiko tinggi (risti), lanjut usia, disabilitas, serta jamaah yang sedang kurang sehat dan mengalami kelelahan diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar tenda Mina," ujar dia.

Tak hanya jamaah lansia, disabilitas, dan risti, jamaah yang saat kondisinya tidak memungkinkan untuk berjalan jauh atau sakit diimbau agar mewakilkan lontar jumrah.

"Jamaah dapat mewakilkan/membadalkan pelaksanaan lontar jumrah kepada jamaah lain atau petugas," kata dia.

Khalilurrahman meminta kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah KBIHU untuk mengkoordinasikan pelaksanaan badal lontar jumrah bagi jamaah binaan yang lansia, risti, disabilitas, sakit, kelelahan dan kurang sehat secara fisik.

Mabit di Mina menjadi tahapan terberat fase puncak haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Sebab, jamaah tinggal lebih lama di tenda Mina.

Selain itu, jika di Arafah dan Muzdalifah jamaah relatif hanya berdiam di tenda, di Mina ada aktivitas lontar jumrah. Karenanya, ikhtiar menjaga kesehatan sangat diperlukan. Jamaah diimbau untuk tidak memaksakan diri dalam melontar jumrah.

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda meminta para jamaah haji mengikuti ketentuan waktu melontar jumrah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

"Penetapan jadwal ini dalam rangka memberikan perlindungan dan kelancaran pergerakan jamaah haji saat lontar jumrah," kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Ahad.

Jadwal melontar jumrah untuk jamaah haji Indonesia adalah pada tanggal 10 Zulhijah pukul 00.00 – 04.30 dan 10.00 – 00.00 WAS; 11 Zulhijah pukul 05.00 – 11.00, 11.00 – 17.00, dan 17.00 – 00.00 WAS; 12 Zulhijah pukul 00.00 – 05.00, 05.00 – 10.30, 14.00 – 18.00, dan 18.00 – 00.00 WAS; serta 13 Zulhijah pukul 00.00 – 05.00 dan 05.00 – 17.00 WAS.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement