Ahad 16 Jun 2024 14:17 WIB

Kisah Nabi Ibrahim Diperintahkan Allah Sembelih Anaknya

Peristiwa pengorbanan Ibrahim dan Ismail inilah yang menjadi asal mula ibadah kurban.

Kisah Nabi Ibrahim AS (ilustrasi). Dalam sebuah literatur
Foto:

Maka, keduanya bersepakat untuk sama-sama berkurban. Ibrahim AS mengorbankan anak tercintanya. Adapun Ismail mengorbankan nyawanya.

Maka, anak lelaki itu pun berbaring untuk siap disembelih. Ibrahim AS memegang pedang dan mengayunkan benda tajam itu tepat ke arah leher sang putra tercinta; putra yang amat lama diidam-idamkan kehadirannya.

Ayah dan anak ini melakukan semua itu dengan hati yang tulus ikhlas, semata-mata melaksanakan perintah Allah dan mengharapkan ridha-Nya.

"Ya Rabbi, Engkau ajarkan hal kedewasaan yakni penyembelihan dan qurban, pasrah dan keikhlasan. Tatkala dengan hati pedih, pedang hamba ayunkan. Sukma hamba memasuki Ismail yang menelentang," demikian petikan syair Emah Ainun Nadjib (Cak Nun) menggambarkan nuansa peristiwa itu, dikutip dari buku Kisah-Kisah Kearifan Para Nabi (2011:130).

Ketika pedang itu hampir tiba di leher Ismail, Allah berkehendak lain. Bukanlah Ismail yang akhirnya tersembelih. Dalam hitungan yang begitu cepat, putra Ibrahim dan Hajar itu telah diangkat.

Maka pedang Ibrahim akhirnya menebas leher seekor kambing. Hewan itu diletakkan oleh malaikat, sebagai tanda bahwa pengorbanan yang dilakukan sang Khalilullah dan putranya telah diterima Allah Ta'ala.

"Lalu Kami panggil dia, 'Wahai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.' Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Dan Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, 'Selamat sejahtera bagi Ibrahim'" (QS as-Saffat: 104-109).

Peristiwa pengorbanan Ibrahim dan Ismail inilah yang menjadi asal mula ibadah kurban tiap hari raya Idul Adha. Bagi kaum Muslimin yang mampu, sangat dianjurkan untuk berkurban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement