Ahad 16 Jun 2024 09:37 WIB

Pernah Diresmikan SBY, Berikut Profil Lengkap MTA yang Pilih Idul Adha 16 Juni

MTA mengikuti penetapan 1 Dzulhijjah di Arab Saudi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: A.Syalaby Ichsan
Suasana shalat idul adha yang digelar MTA dihadiri puluhan ribu masyarakat di Stadion Manahan Solo, Ahad (16/6/2024).
Foto: Dok Republika
Suasana shalat idul adha yang digelar MTA dihadiri puluhan ribu masyarakat di Stadion Manahan Solo, Ahad (16/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Majlis Tafsir Alquran (MTA) mengadakan sholat Idul Adha di lapangan parkir Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Ahad (16/6/2024).  Berbeda dengan keputusan Sidang Isbat Kementerian Agama (Kemenag), PBNU dan PP Muhammadiyah, MTA memutuskan untuk merayakan Idul Adha bersamaan dengan waktu yang ditetapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Ketua Panitia Sholat Idul Adha MTA, Suprapto mengatakan, sholat Idul Adha  yang lebih awal dibandingkan sholat id pemerintah itu disebabkan pihaknya mengikuti penetapan 1 Dzulhijjah di Arab Saudi. "Ketika setelah puasa Arafah kita menjalankan Id Adha (Idul Adha) jadi ini bukan pembeda, bukan. Dari dulu MTA sudah 52 tahun seperti ini. (Mengikuti Arab Saudi) Betul, Iya ada wukuf disunahkan puasa Arafah. Nggih, betul (shalat Id hari Ahad)," kata Suprapto saat dihubungi awak media, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga

photo
Sholat Idul Fitri MTA - (Website MTA)

Dilansir dari website resminya, mta.or.id, Majlis Tafsir Al Qur’an (MTA) merupakan sebuah badan hukum berbentuk yayasan yang bergerak dibidang Dakwah Islamiyyah, sosial dan pendidikan. MTA didirikan oleh Almarhum  Ustadz Abdullah Thufail Saputra di Surakarta pada tanggal 19 September 1972.Secara resmi MTA didaftarkan sebagai badan hukum dalam bentuk yayasan dengan akta notaris R. Soegondo Notodisoerjo Notaris di Surakarta nomor 23 tahun 1974.

Meski seorang mubaligh, Ustadz Abdullah Thufail Saputra, juga dikenal sebagai pedagang sehingga mendapat kesempatan untuk berkeliling hampir ke seluruh Indonesia. Almarhum menyaksikan kondisi umat Islam di Indonesia tertinggal karena  kurang memahami Alquran.

 

Oleh karena itu, sesuai dengan ucapan Imam Malik bahwa umat Islam tidak akan dapat menjadi baik kecuali dengan apa yang telah menjadikan ummat Islam baik pada awalnya, yaitu Alqur’an,  Ustadz Abdullah Thufail Saputra yakin bahwa umat Islam Indonesia hanya akan dapat melakukan emansipasi apabila umat Islam Indonesia mau kembali ke Alqur’an. Untuk itu,Ustadz Abdullah Thufail Saputra pun mendirikan MTA sebagai rintisan untuk mengajak umat Islam kembali kepada Alqur’an.

Diresmikan SBY..

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement