Sabtu 15 Jun 2024 13:40 WIB

Pentingnya Menjaga Kedisiplinan dalam Ibadah:Jadwal Sholat Hari Ini di Depok 15 Juni 2024

Sholat mencegah perbuatan keji dan munkar.

Melaksanakan sholat. (ilustrasi)
Foto: Republika.
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Sholat adalah salah satu rukun Islam yang menduduki posisi penting bagi kehidupan setiap Muslim. Melalui sholat, seorang hamba bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhannya, menunjukkan rasa syukur, memohon ampunan, serta meminta petunjuk dan pertolongan.

Pada tanggal 15 Juni 2024, untuk umat Islam yang berada di Depok, berikut adalah jadwal sholat agar dapat melaksanakan ibadah dengan tepat waktu:

- Shubuh: 04:39

- Dhuhur: 11:56

 

- Ashar: 15:18

- Maghrib: 17:49

- Isya: 19:03

Mengutip dari Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 238: "Peliharalah segala shalat(mu), dan (peliharalah) shalat Wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'." (Q.S. Al-Baqarah: 238).

Ayat tersebut menegaskan betapa pentingnya menjaga sholat yang telah ditentukan waktunya. Tidak hanya melaksanakan sholat lima waktu, setiap Muslim juga diingatkan untuk melakukannya dengan penuh kekhusyukan.

Hadits tentang pentingnya sholat juga datang dari Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda, "Hal pertama yang akan dihisab dari seorang hamba di hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya. Jika buruk, maka buruk pula seluruh amalannya." (HR. Tirmidzi, No.413).

Hadits ini memberikan pemahaman bahwa kualitas sholat sangat menentukan keseluruhan ibadah dan amal perbuatan seseorang, sehingga menegaskan kembali pentingnya memperhatikan waktu dan tata cara pelaksanaannya.

Dengan memiliki jadwal sholat yang tepat, umat Islam di Depok dapat menunaikan sholat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Hal ini tidak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, tetapi juga mendukung kedisiplinan dan manajemen waktu yang baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, mari kita jaga sholat lima waktu, karena sholat adalah salah satu benteng untuk menjaga diri kita dari perbuatan dosa dan maksiat. Sebagaimana yang disampaikan oleh Allah dalam Surat Al-Ankabut ayat 45: "Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar" (Q.S. Al-Ankabut: 45).

Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dan kesadaran untuk selalu menjaga sholat tepat pada waktunya, dan semoga ibadah kita diterima Allah SWT. Amin.

*Artikel ini dibuat oleh AI yang telah diverifikasi oleh Redaksi*

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement