Jumat 14 Jun 2024 05:00 WIB

Temuan Terbaru, Fragmen Injil Kuno Konfirmasi ayat Alquran

Fragmen itu lama tersimpan di universitas di Hamburg dan baru saja diterjemahkan.

Papirus abad ke-4 berisi kisah Yesus Kristus membuat burung dari Tanah Liat, bagian dari Injil Masa Kecil Thomas.
Foto:

Meskipun hanya berisi 13 baris teks Yunani yang terpisah-pisah, papirus kecil ini memberikan gambaran mengenai sejarah Injil apokrif Kristen mula-mula. Diterbitkan di Zeitschrift für Papyrologie und Epigraphik, para ahli memperkirakan papirus tersebut berasal dari abad keempat atau awal abad kelima berdasarkan paleografinya. 

Ini akan menjadikannya salinan teks tertua yang diketahui dalam satu abad belakangan dan versi Yunani paling awal dalam setengah milenium terakhir. 

Berisi kisah-kisah masa kanak-kanak Yesus, injil itu diperkirakan ditulis pada abad kedua, kemungkinan besar dalam bahasa Yunani. Injil itu populer dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk Latin, Suriah, Etiopia, Armenia, Georgia, Arab, Gaelik, dan Slavonik. 

“Papirus kami adalah artefak unik dari teks Kristen awal,” Lajos Berkes, ahli papirus dan salah satu penulis makalah tersebut, mengatakan kepada Bible History Daily. “Ini berisi salinan teks paling awal dalam bahasa apa pun; jadi, fragmen ini adalah yang paling dekat dengan aslinya,” ia menambahkan. 

photo
Papirus abad ke-4 berisi Injil Masa Kecil Thomas. - (Public Domains/Staats- und Universitätsbiblio)

Menurutnya, hal ini memperkuat pandangan bahwa teks tersebut aslinya ditulis dalam bahasa Yunani dan bukan dalam bahasa Suriah seperti asumsi beberapa sarjana. Selain itu, penemuan tersebut memberikan wawasan yang sangat penting mengenai sejarah tekstual Injil, yang memungkinkan pakar injil mempertimbangkan kembali bahasa dan gaya versi paling awal.” 

Namun, penanggalan awal papirus bukan satu-satunya fitur yang menarik. Berukuran sekitar 4 kali 2 inci, papirus tersebut tampaknya bukan bagian dari sebuah kodeks melainkan satu lembar dengan tulisan di satu sisi, ukuran huruf yang bervariasi, garis miring, dan banyak penghapusan. 

Menganalisis tulisan tangan dan gaya papirus tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa, kemungkinan besar, “teks tersebut disalin pada lembaran lepas sebagai latihan menulis, mungkin dalam konteks sekolah atau biara… Tangan jenis ini biasanya merupakan upaya dari orang yang sudah berpengalaman , namun tidak ahli, siswa dalam menulis dengan gaya formal (buku tangan), yang dilakukan dengan tingkat kefasihan tertentu, namun masih menunjukkan ketidakrataan.” Oleh karena itu, papirus tersebut kemungkinan besar merupakan kutipan dari salinan Injil Masa Kecil Thomas yang lebih lengkap. Penggunaan kutipan seperti itu, terutama dari kitab-kitab Alkitab dan Injil, merupakan praktik yang umum.

Injil tertua... baca halaman selanjutnya

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement