Jumat 14 Jun 2024 05:00 WIB

Temuan Terbaru, Fragmen Injil Kuno Konfirmasi ayat Alquran

Fragmen itu lama tersimpan di universitas di Hamburg dan baru saja diterjemahkan.

Papirus abad ke-4 berisi kisah Yesus Kristus membuat burung dari Tanah Liat, bagian dari Injil Masa Kecil Thomas.
Foto:

Alkitab, yaitu sebutan untuk kumpulan kitab suci yang dianggap suci oleh umat Kristiani, dipisahkan menjadi dua bagian. Diantaranya Perjanjian Lama (dengan 39 kitab) dan Perjanjian Baru (dengan 27 kitab). 

Merujuk the Collector, meskipun ada materi tambahan yang diperdebatkan mengenai apakah kitab tersebut harus dimasukkan atau tidak, ada 66 kitab dalam Alkitab yang disetujui oleh sebagian besar umat Kristen sebagai kanon (diterima sebagai asli). Meskipun tidak ada manuskrip dari buku apa pun yang ditulis oleh tangan penulisnya, terdapat salinan dari buku-buku tersebut yang hanya berumur beberapa generasi dari tulisan aslinya.

Codex Sinaiticus, yang disusun sekitar tahun 350 M, berisi Perjanjian Baru lengkap tertua yang diketahui di seluruh dunia. Kodeks ini ditemukan di biara St. Catherine di Mesir oleh Constantin von Tischendorf pada tahun 1846. 

Karena beberapa masalah politik dan internasional, Kodeks ini kini dibagi menjadi empat museum: Perpustakaan Universitas Leipzig di Jerman, Perpustakaan Nasional Rusia di St Petersburg, Biara St Catherine di Sinai, dan Perpustakaan Inggris, tetapi juga telah dikompilasi ke dalam bentuk digital dan masih dalam studi.

Salinan lengkap tertua dari Alkitab Ibrani Perjanjian Lama disebut Codex Sassoon, dan disusun sekitar tahun 1000-1100 Masehi. Karya tersebut telah berpindah tangan ke berbagai kolektor selama berabad-abad, menghilang, muncul kembali, dan baru-baru ini dibeli oleh duta bisnis Alfred H Moses seharga 38 juta dolar AS, yang kemudian ia hadiahkan ke Museum Orang Yahudi ANU di Tel Aviv.

Ada beberapa penggalan Perjanjian Baru yang berasal dari abad kedua. P90 adalah bagian dari Yohanes 18 dan 19. P104, adalah bagian dari Matius 21, dan P98 adalah bagian dari Wahyu 1. Masing-masing bertahan dalam iklim kering di Mesir. Fragmen yang paling terkenal mungkin berasal sedikit lebih awal dari yang di atas, dan berasal dari Yohanes 18. Fragmen ini dikenal sebagai P52, dan merupakan penyebutan Yesus Kristus yang paling awal diketahui.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement