Rabu 12 Jun 2024 09:47 WIB

MER-C: Menkopolhukam Siap Bantu Saat Proses Renovasi RS Indonesia di Gaza Palestina

MER-C bersama Pemerintah Indonesia berkomitmen bantu warga Gaza Palestina.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Menko Polhukam Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto  menerima audiensi Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad.
Foto: Dok Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menerima audiensi Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Presidium Medis Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dr. Sarbini Abdul Murad bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto di Kantor Kemenkopolhukam di Jakarta, Senin (10/6/2024). Keduanya membahas situasi terkini Jalur Gaza di tengah serangan Israel yang masih berlangsung, serta progres bantuan MER-C ke wilayah tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Sarbini menyampaikan kondisi relawan MER-C di Jalur Gaza, juga rencana renovasi Rumah Sakit (RS) Indonesia yang hancur akibat serangan Israel, setelah gencatan senjata permanen berhasil dicapai. 

Baca Juga

Sarbini mengatakan, renovasi RS Indonesia tentu membutuhkan bantuan serta dukungan dari berbagai pihak, terutama selama proses masuk ke Jalur Gaza melalui Rafah, Mesir. 

Menkopolhukam menyambut baik rencana tersebut dan siap membantu jika MER-C membutuhkan bantuan selama proses renovasi yang akan dilakukan. 

 

Menkopolhukam juga mengapresiasi kerja kemanusiaan luar biasa yang telah dilakukan MER-C baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga mengaku senang bisa bertemu dengan Ketua Presidium MER-C, yang ia sebut sebagai pahlawan kemanusiaan.

Dikutip dari laman Aljazeera pada Rabu (12/6/2024), Hamas dan Jihad Islam Palestina mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka telah menyampaikan tanggapan terhadap proposal gencatan senjata yang didukung PBB kepada mediator di Qatar dan Mesir.

“Rumah, rumah sakit, sekolah, universitas, pertanian, perekonomian hancur, dan bomnya (dari Israel) tetap saja berjatuhan,” kata Juru bicara UNICEF James Elder dari dalam Gaza, Palestina.

Hizbullah mengumumkan bahwa salah satu komandan seniornya wafat dalam serangan Israel di Lebanon. Laporan berita menunjukkan bahwa Taleb Abdallah, juga dikenal sebagai Abu Taleb, adalah komandan paling senior Hizbullah yang terbunuh dalam beberapa bulan, dan beberapa orang wafat dalam serangan di kota Jouaiya, Lebanon selatan.

Setidaknya enam orang wafat dalam serangan militer Israel di kota Kafr Dan di Tepi Barat yang diduduki, dekat Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Setidaknya 37.164 orang telah wafat dan 84.832 orang terluka dalam perang Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023. Revisi jumlah korban tewas di Israel akibat serangan Hamas mencapai 1.139 orang, dengan puluhan orang masih ditawan di Gaza.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement