Selasa 11 Jun 2024 07:39 WIB

Hadiri Simposium Akbar Haji di Makkah, Menag Bahas Kemudahan Pelaksanaan Haji

Menag terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: Dok. MCH
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Oleh Muhyiddin dari Makkah Arab Saudi

 

Baca Juga

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri acara Simposium Akbar Haji atau Grand Hajj Symposium ke-48 di Makkah Chamber of Commerce Exhibition Center, Arab Saudi, Senin (10/6/2024). Acara yang dihadiri delegasi misi haji dari berbagai negara ini membahas persoalan-persoalan terkait pelaksanaan ibadah haji.

Saat menghadiri simposium ini, Gus Men didampingi Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Hilman Latief. Kegiatan yang digelar Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tersebut mengangkat tema tentang bagaimana menaati izin dan peraturan yang telah ditetapkan dalam penyelenggaraan haji 1445 H/2025 M.

 

Gus Men, sapaan akrabnya mengatakan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan ini adalah terkait Rukhsah (keringanan) yang bisa diterapkan dalam pelaksanaan ibadah haji. 

"Tadi ada pertemuan muktamar taysir, membahas kemudahan melaksanakan ibadah haji. Jadi pada prinsipnya bahwa semua ibadah itu memudahkan, termasuk haji," ujar Gus Men.

Simposium akbar tersebut terbagi dalam empat sesi. Masing-masing sesi menghadirkan para ulama dari berbagai negara, dan membahas permasalahan yang berbeda terkait haji serta solusinya.​​​​​​​

"Tadi dijelaskan pada sesi pertama bicara soal kemudahan haji. Jadi haji itu sebenarnya mudah, seperti kewajiban haji sekali seumur hidup, dan yang tidak mampu, tidak haji pun tidak apa-apa," ucap Gus Men.

Tak hanya syaratnya, menurut dia, dalam kegiatan internasiomal ini juga membahas kemudahan prosesi haji. Dalam bahasannya, ada beberapa prosesi yang bisa mendapatkan keringanan.

"Prosesi haji itu memudahkan. Karena itu, maka perlu dicari kaidah-kaidah Fiqhiyah berkaitan dengan ibadah haji kali ini," kata Gus Men.

Mukhtamar kali ini digelar oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah Chamber of Commerce, Makkah. Kegiatan ini dihadiri Menteri Haji dan Umrah, Tawfiq Al Rabiah. Hadir beberapa pejabat negara pengirim jamaah Haji 2024, seperti daru Malaysia, Brunei, Afrika Selatan, Turki, Uzbekistan, dan negara Lainnya.

Usai memghadiri simposium tersebut, Gus Men langsung menuju Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah di wilayah Syisah. Para petugas haji yang bertugas di kantor itu pun menyambut Gus Men dengan melantunkan sholawat badar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement