Rabu 05 Jun 2024 18:40 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ada Konstantin dan Konstantinopel, Apa Bedanya?

Konstantin dan Konstantinopel adalah dua kota yang berbeda.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Seorang ulama Muslim berjalan di sepanjang bekas gereja Bizantium yang resmi dibuka sebagai masjid, di Istanbul, Turki, Senin, (6/5/2024).
Foto:

Bangsa Romawi menguasai Konstantin selama era Bizantium, dan setelah Kaisar Maxenas memerintahkan penghancurannya, yakni setelah pemberontakannya pada tahun 311 M melawan otoritas pusat, Kaisar Romawi Konstantin I memerintahkan rekonstruksi dan pembangunan benteng.

Orang Prancis menyebutnya 'Isy Al Nasr atau Sarang Elang. Ibnu Khaldun menyebutnya Qustantinah, sedangkan penulis dan penjelajah Rumi al-Baghdadi Yaqut al-Hamawi menyebutnya Qusnatinah. Lokasinya dan lembah pasir yang mengelilinginya dari semua sisi membuatnya tidak dapat diakses oleh penjajah.

Selama era Ottoman, Konstantin menjadi salah satu pusat kebudayaan terpenting di Aljazair. Itu adalah ibu kota Beylik Timur, yang pengaruhnya meluas ke Tunisia, dan pemerintahannya diikuti oleh Bey, yang ditunjuk oleh otoritas pusat di Aljazair Ottoman. Konstantin juga disebut sebagai “Kota Jembatan Gantung” karena memiliki sejumlah jembatan indah yang menghubungkan berbagai bukit dan lembah tempat kota itu dibangun.

Adapun "Konstantinopel", yang nama kunonya adalah "Byzantium", dibangun pada abad ketujuh di pintu masuk Laut Hitam. Sumber sejarah menunjukkan bahwa itu adalah desa para nelayan.

Konstantinus I ingin mencari ibu kota kedua bagi kekaisaran selain ibu kota kuno, Roma, dan dia menemukan bahwa penjajahan Konstantinopel, dengan lokasinya yang strategis, akan mencapai hal tersebut.

Konstantinopel terletak di persimpangan benua Eropa dan Asia, serta berbatasan dengan Tanduk Emas, Bosporus, dan Laut Marmara. Semua keunggulan tersebut berguna dalam membangun benteng dan kastil di kawasan penting yang strategis, dan ini terjadi pada tahun 330 Masehi.

Secara historis, kota Istanbul dikenal dengan banyak nama yang disebutkan oleh para sejarawan, mulai dari Konstantinopel dan nama Yunani yang berarti kota, hingga Roma Kedua. Setelah penaklukan Islam atas Konstantinopel (29 Mei 1453), Ottoman menyebutnya Islam Bul, dan kemudian nama resminya dalam catatan sejarah pada tahun 1930 menjadi yang kita kenal sekarang, yaitu Istanbul.

Ketika wilayah-wilayah milik Kekhalifahan Islam menyebar dan meluas pada era Khalifah kedua, Umar bin Al-Khattab, dunia terbagi antara dua kerajaan besar yang telah bersaing selama berabad-abad untuk menguasai dunia, yaitu Kerajaan Persia dan Kerajaan Byzantium, yang sejarah Islam kenal sebagai negara Persia dan Romawi.

Umat Islam mencoba menaklukkan Konstantinopel pada masa pemerintahan Sultan Ottoman Murad II, Abu Mehmed Sang Penakluk, dan Sultan Bayezid Yildirim, serta upaya Muslim Abd al-Malik yang jauh dari waktu.

Khalifah Bani Umayyah Al-Walid ibn Abd al-Malik memilih saudaranya Maslama ibn Abd al-Malik, salah satu panglima militer terbesar dan paling terampil di Kekhalifahan Umayyah pada tahun 716 M, untuk mempersiapkan penaklukan terbesar di masa itu, yaitu Konstantinopel. Ini adalah ibu kota negara Bizantium pada saat itu.

Namun impian tersebut baru terwujud 737 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1453, di tangan Sultan Ottoman Mehmed Sang Penakluk. Penaklukan kota tersebut bertujuan untuk menghentikan serangan Bizantium terhadap negara-negara Muslim dalam jangka waktu yang lama , dan kota itu berubah menjadi Istanbul yang kita kenal sekarang.

Pertanyaannya kemudian, nama keduanya, Konstantin dan Konstantinopel mirip? Jawabannya mungkin sudah jelas ketika nama Konstantin disebutkan. Kedua kota tersebut, Konstantin dan Konstantinopel, dalam beberapa tahapan sejarahnya, memiliki kaitan dengan Kaisar Romawi yaitu Konstantin I (306-337 M).

Ini adalah era ketika Kekaisaran Romawi berkembang hingga meluas ke Eropa dan sebagian Afrika dan Asia dan menguasai kota Konstantin dan Konstantinopel. Yang pertama terletak di Aljazair, dan yang kedua adalah kota Turki yang kita kenal saat ini, Istanbul.

 

sumber : Arabic Post

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement