Rabu 05 Jun 2024 12:26 WIB

Apakah Presiden Rusia Vladimir Putin Mengimani Tuhan?

Presiden Rusia Vladimir Putin dekat dengan Uskup Tikhon.

Vladimir Putin.
Foto: AP
Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemimpin Rusia kerap menjadi sorotan terkait ketuhanan, apakah mempercayai Tuhan atau tidak. Dahulu, Joseph Stalin (1878-1953) mengeklaim anti-Tuhan alias atheis. Namun dalam suatu kesempatan menumpangi pesawat terbang, kemudian mengalami turbulensi, Stalin menyebut “Oh God.”

Bagaimana dengan Vladimir Putin?

Dalam sebuah sesi wawancara, Putin ditanya, apakah dirinya mengimani Tuhan. Dia kemudian menjawab, bahwa ini adalah sesuatu yang sangat personal. “Pertanyaan yang sangat intim,” kata Putin yang mengenakan setelan jas berwarna gelap dengan kemeja putih.

Baca Juga

“Ketahuilah,...Sulit menjelaskan hal ini kepada publik,” kata Putin. Dia pun terlihat tidak bebas ketika menjelaskan hal tersebut.

“Menurut saya...setiap orang terlahir dalam keadaan beriman kepada Tuhan,” ujar Presiden Rusia tersebut. Pandangan tersebut mengungkapkan sikap pribadinya yang mempercayai Tuhan.

 

Sebagaimana diberitakan Hindustan Time, Putin selalu menjadi orang yang serius dalam hal keyakinan. Dia pernah mengenakan simbol salib berbahan aluminium kepada George Walker Bush, Presiden Amerika Serikat ke-43. Pada 1950-an, dia dibaptis secara diam-diam oleh ibunya, Maria Ivanovna Shelomova.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement