Rabu 05 Jun 2024 05:43 WIB
MUHYIDDIN Jurnalis Republika di Makkah, Arab Saudi

Bahagianya Putrie, Hafizah Difabel Netra yang Sampai ke Kakbah

Meskipun tidak bisa melihat, Putrie Aura sekarang sudah bisa menghafal 10 juz.

Putrie Aura Hermawan (kiri)
Foto: Dok Kemenag
Putrie Aura Hermawan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Seorang penghafal Alquran perempuan, Putrie Aura Hermawan mengaku sangat bahagia dan bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji pada usia 21 tahun. Jamaah haji asal Binjai ini berangkat haji bersama ibunya, Elis Hasfriyani (49 tahun). 

Ia telah terdaftar sebagai calon jamaah haji (calhaj) sejak usia delapan tahun. Saat itu, ia didaftarkan oleh orang tuanya. Sayangnya, kebahagiaan Putrie pergi ke Tanah Suci tidak lengkap. Dia  mengaku sedih lantaran tidak bisa berangkat haji bersama ayahnya, Dodi Hermawan yang wafat lebih dulu pada 2020 lalu.

Baca Juga

Meski demikian, Putrie bersyukur karena bisa sampai di Masjidil Haram dan menyaksikan Ka'bah."Pastinya senang karena Baitullah itu adalah impian setiap umat Islam di dunia untuk bisa berangkat haji. Pastinya senang terharu," ujar Putrie Aura saat diwawancara di wilayah Syisyah, Makkah, Selasa (4/6/2024). 

photo
Sejumlah umat Islam berusaha menyentuh pintu kabah seusai tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (19/5/2024). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyatakan jamaah calon haji gelombang pertama sebanyak 8 kloter mulai diberangkatkan dari Madinah ke Makkah pada 20 Mei 2024. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam penyelenggaraan haji tahun ini, jamaah difabel netra ini tergabung dalam kloter KNO-17. Putrie kini telah tiba di Makkah untuk mengikuti rangkaian ibadah haji pada puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) yang diperkirakan dimulai pada 15 Juni mendatang. 

 

Dia pun mengapresiasi layanan yang diberikan Kementerian Agama (Kemenag) kepada para jamaah disabilitas sepertinya. Ia bahkan mendapat kursi kelas bisnis saat terbang ke Tanah Suci.

Kursi bisnis bagi lansia dan disabilitas merupakan salah satu layanan yang diberikan untuk membuat jamaah lansia dan disabilitas nyaman. Putrie Aura juga mengaku bisa tidur pulas saat berada di pesawat."Senang, Masya Allah, tidur mulu aku kak sampai susah dibangunin," ucap dia.

Menyukai Alquran hingga menjadi hafizah..

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement