Sabtu 01 Jun 2024 09:58 WIB

Misteri Jabal Magnet, Mobil Jalan Sendiri Saat Mesin Mati

Jabal magnet atau bukit magnet berada di dekat Kota Madinah.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Agung Sasongko
Foto: republika
Vlog Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Jabal magnet atau bukit magnet berada di dekat Kota Madinah. Dikenal dengan nama Wadi Al-Baida atau Wadi Al-Jinn oleh masyarakat setempat, bukit ini berjarak sekitar 60 kilometer atau 30 menit perjalanan dari Madinah.

Pengaruh Jabal Magnet amat terasa pada kendaraan bermotor. Dalam posisi mesin dimatikan, mobil yang hendak meninggalkan area bisa melaju kencang hingga 100 kilometer per jam. Bahkan pengaruh medan magnet masih terasa hingga jarak empat kilometer dari lokasi.

Baca Juga

Sebaliknya, saat mendatangi area, kendaraan bermotor yang hendak mendekatinya bakal terasa dipacu lebih berat seakan. Kendaraan bermotor seakan menanjak atau menuruni bukit, padahal medan terlihat horizontal.

Jabal Magnet sejatinya ialah kawasan yang berupa endapan lava alkali basaltik yang kemudian terbentuk dan memberi pengaruh magnetik. Sepanjang perjalanan, mata akan disuguhi perkebunan kurma, gurun pasir, serta perbukitan batu. Kawanan unta juga terlihat di pinggir jalan. 

 

Pengaruh magnet pada logam juga terasa pada alat kompas. Jarum kopas langsung memutar seakan kehilangan arah.

Karena banyak wisatawan yang ingin melihat secara langsung keanehan Jabal Magnet, pemerintah saudi membuat jalan khusus untuk wisatawan supaya mobil mereka bergerak sendiri ke Jabal Magnet. 

Videografer : Karta Raharja Ucu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement