Jumat 31 May 2024 04:00 WIB

Jadwal Sholat Hari Ini 31 Mei 2024 di Depok dan Hadits tentang Sholat

Umat Islam diperintahkan untuk benar-benar menjaga waktu sholat.

Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 31 Mei 2024, berikut adalah jadwal sholat untuk wilayah Depok

• Shubuh: 04.35 WIB

Baca Juga

• Dzuhur: 11.55 WIB

• Ashar: 15.15 WIB

• Maghrib: 17.44 WIB

• Isya: 19.00 WIB

Hadits tentang Keutamaan Sholat

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Sholat adalah tiang agama. Barangsiapa mendirikannya, maka sungguh dia telah menegakkan agama, dan barangsiapa meninggalkannya, sungguh dia telah merobohkan agama.” (HR. Baihaqi).

ى قول النبِي صلى اللَّه عليه وسلم : “الصلاة عماد الدين، من أقامها فقد أقام الدين، ومن هدمها فقد هدم الدين”. (رواه البيهقي)

Dalam melaksanakan kewajiban sholat, umat Islam diperintahkan untuk benar-benar menjaga waktu dan ketentuan pelaksanaannya. Allah SWT berfirman dalam Surah An-Nisa ayat 103:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

"Apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103)

Dalam tafsir Ibnu Katsir, disebutkan bahwa ayat ini menegaskan pentingnya menjaga waktu sholat serta berdzikir kepada Allah dalam setiap keadaan, baik dalam kondisi berdiri, duduk, maupun berbaring, serta kembali menunaikan sholat sebagaimana mestinya ketika merasa aman.

Menjalankan sholat dengan tepat waktu merupakan salah satu kewajiban yang harus dijaga oleh setiap Muslim. Sholat menjadi tiang penopang utama dalam menjalankan kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam. Dari hadits dan ayat di atas, kita dapat memahami betapa pentingnya menegakkan sholat dan menjaga agar ibadah ini selalu berada dalam waktu yang telah ditentukan.

Marilah kita bersama-sama memperkuat ibadah sholat dalam kehidupan sehari-hari, mengingatkan diri kita dan orang-orang di sekitar kita akan pentingnya kewajiban sholat lima waktu. Semoga jadwal sholat hari ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat untuk kita semua dalam menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan diverifikasi oleh tim redaksi

Referensi:

- Alquran Surah An-Nisa ayat 103.

- Hadits Riwayat Baihaqi, Kitab ash-Sholah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement