Rabu 29 May 2024 23:14 WIB

Pemkot Ambon Lepas Keberangkatan 322 Calon Jamaah Haji

Calon haji termudah atas nama Sri Mutiara berumur 27 tahun.

Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus Kaya saat menyerahkan tambahan bantuan uang saku kepada perwakilan calon jamaah haji Kota Ambon saat pelepasan di Ambon, Selasa (28/5/2024).
Foto: ANTARA/Penina F Mayaut
Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus Kaya saat menyerahkan tambahan bantuan uang saku kepada perwakilan calon jamaah haji Kota Ambon saat pelepasan di Ambon, Selasa (28/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pemerintah Kota Ambon, Maluku secara resmi melepas keberangkatan 322 orang calon haji ke Tanah Suci Makkah.

Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus Kaya pada acara pelepasan berpesan agar jamaah calon haji yang berangkat fokus beribadah saat berada di Tanah Suci.

Baca Juga

"Saya mengajak semua jamaah calon haji asal Kota Ambon agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat secara disiplin, makan dan minum yang teratur, istirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dan dijalankan dengan baik," ujarnya, Rabu (29/5/2024).

Ia juga berpesan para calon haji agar menjaga diri, meningkatkan kesabaran dan rasa syukur serta memperbanyak beribadah.

 

Jamaah calon haji Kota Ambon juga perlu menjadi panutan dan teladan yang baik dengan senantiasa mengutamakan semangat ukhuwah islamiyah, disiplin dan mengikuti arahan para petugas dan pendamping haji, baik saat di Indonesia maupun di Tanah Suci.

Ia menyampaikan Pemerintah Kota Ambon juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji dapat terlaksana dengan baik.

Untuk itu, dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah haji 2024 Pemerintah Kota Ambon berkoordinasi dengan Kementerian Agama setempat untuk memberi dukungan kepada jamaah.

"Antara lain pelayanan kesehatan, pelaksanaan manasik haji, memfasilitasi keberangkatan dan pemulangan jamaah dan pendampingan pada proses embarkasi dan debarkasi serta memberikan tambahan uang saku kepada masing-masing jamaah sebesar Rp1 juta yang diserahkan hari ini, " ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Ambon juga memfasilitasi dua orang tenaga pendamping haji untuk calon haji asal Kota Ambon ke Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi selaku Ketua penyelenggara calhaj Kota Ambon dalam laporannya menyebutkan kuota haji Kota Ambon 2024 sebanyak 358 orang, namun setelah proses pelunasan ada kendala yang ditemui seperti mutasi keluar provinsi sehingga yang berangkat 322 orang.

Calon haji termudah atas nama Sri Mutiara berumur 27 tahun, dan tertua atas nama Lanpono Bin La Aji berumur 84 tahun

Sedangkan petugas haji sebanyak sembilan orang yang terdiri atas Ketua Kloter satu orang, dokter dua orang, pembimbing ibadah haji dua orang, perawat dua orang, dan dua lainnya sebagai petugas haji daerah dua orang.

Calhaj Kota Ambon masuk dalam kloter 27 akan diberangkatkan pada 31 Mei 2024 dari Ambon ke Makassar, Sulawesi Selatan dan langsung dilakukan pemindahan bagasi sekitar tiga hingga empat jam untuk kemudian berangkat ke Arab Saudi.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement