Ahad 26 May 2024 20:19 WIB

Peternak Diminta Waspada Pencurian Maupun Penipuan Hewan Kurban 

Ditemukan kasus pencurian hewan kurban jelang Idul Adha.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Hafil
Hewan Kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Hewan Kurban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL — Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana meminta warga khususnya peternak untuk waspada terhadap penipuan maupun pencurian hewan kurban. Sebab, sudah ditemukan sejumlah kasus penipuan dan pencurian hewan ternak di DIY menjelang Idul Adha, termasuk di Kabupaten Bantul.  

“Hati-hati pencurian maupun penipuan hewan kurban, baik sapi dan juga kambing menjelang Idul Adha,” kata Jeffry belum lama ini.

Baca Juga

Jeffry menegaskan agar peternak mengenali dan menghindari penipuan dengan berpikir dan periksa sebelum melakukan transaksi pembelian hewan ternak, maupun dalam menjaga hewan ternaknya. 

“Jangan terburu-buru, tetap waspada, dan jangan mudah memberikan barang dagangan, apalagi data diri,” ucap Jeffry. 

 

Hal ini disampaikan Jeffry mengingat di Bantul terjadi penipuan pembelian hewan ternak secara online pada 14 Mei 2024. Korban bernama Sujarwoko (29 tahun) pun mengalami kerugian hingga Rp 50 juta. 

“Cek kembali bila jual beli melalui online, terutama bukti pembayaran via transfer,” ungkap Jeffry. 

Tidak hanya di Bantul, di Kabupaten Kulon Progo juga sempat dilaporkan lima ternak warga hilang pada April 2024. Kejadian tersebut terjadi di Dusun Kalipetir, dan di Dusun Sidowayah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement