Kamis 28 Mar 2024 05:55 WIB

Sesudah Sahur atau Subuh Enak Tidur Lagi, Padahal Begini Pesan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya tak tidur langsung seusai subuh

Tidur (ilustrasi). Rasulullah SAW mengajarkan umatnya tak tidur langsung seusai subuh
Foto:

Sementara itu, Imam Al-Ghazali membagikan empat aktivitas yang bisa dilakukan seseorang sesudah sholat subuh yakni memperbanyak berdoa, memperbanyak membaca dzikir, memperbanyak membaca Alquran dan memperbanyak bertafakur. 

ولتكن أوقاتك بعد الصلاة إلى طلوع الشمس موزعة على أربع وظائف : وظيفة في الدعوات ، ووظيفة في الأذكار والتسبيحات، تكررها في سبحة. ووظيفة في قراءة القرآن. ووظيفة في التفكر. 

Artinya: dan lebih baik mengisi waktu-waktumu setelah sholat sampai keluarnya matahari digunakan untuk empat tugas: tugas memperbanyak di dalam berdoa, tugas membaca dzikir dan tasbih dan mengulang-ulang dzikir tersebut menggunakan tasbih. Dan tugas membaca Alquran, dan tugas bertafakur. (Lihat Bidayatul Hidayah halaman 103 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut).

Selain itu Imam Al Ghazali menganjurkan kepada setiap Muslim agar ketika pagi hari melakukan tafakur. Yakni merenungi setiap dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat serta kelalaian-kelalaian dalam beribadah.  

وافكر في ذنوبك وخطاياك ، وتقصيرك في عبادة مولاك ، وتعرضك لعقابه الأليم ، وسخطه العظيم. 

Artinya: "Maka renungkanlah dosa-dosamu dan kesalahan-kesalahanmu dan keteledoran dalam ibadah pada Tuhanmu. Karena teledor dalam ibadah engkau akan menghadapi siksa Allah yang menyakitkan dan menghadapi murka Allah yang Agung. (Lihat Bidayatul Hidayah halaman 103 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut). 

photo
Sholat subuh (ilustrasi) - (republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement