Selasa 07 May 2024 23:19 WIB

Bersilaturahmi dengan MUI, Wapres Ingatkan Jaga Muamalah

Wapres mendorong MUI memperkuat persatuan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, didampingi jubir Masduki Baidlowi.
Foto: Dok BPMI Setwapres RI
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, didampingi jubir Masduki Baidlowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masih di bulan Syawal, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Halalbihalal Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jl. Jendral Sudirman No. 86, Jakarta Pusat, pada Selasa (07/05/2024). Bertindak sekaligus sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Wapres mengingatkan pentingnya menjaga hubungan (muamalah) bagi keberlangsungan suatu negeri. 

“Allah tidak akan menghancurkan suatu negeri semata-mata karena kemusyrikan. Apabila mereka dalam satu sama lain bermuamalahnya baik, hubungannya baik, Allah tidak akan menghancurkan negeri itu,” kata Wapres mengutip ulama Syekh Nawawi Al-Bantani. 

Baca Juga

Wapres Ma’ruf menyebut ada dalil yang menjelaskan bahwa Tuhan akan menurunkan siksaan atas pelanggaran hak manusia langsung di dunia, tidak ditunda hingga masa di akhirat nanti. Oleh karena itu, ia menekankan agar sesama manusia harus menjaga perilaku, agar tidak melanggar hak manusia yang lain. 

 “Azab itu akan turun kalau dalam bermuamalahnya jelek sekali, dan melakukan hal-hal yang menyakiti manusia dan menzalimi makhluk-Nya,” ucap Wapres.  

Dalam acara yang bertemakan “Menguatkan Solidaritas Umat Demi Kemajuan Bangsa” tersebut, selain mengimbau untuk saling meminta maaf, Wapres juga menekankan akan pentingnya memberikan maaf kepada orang lain. 

“Solidaritas tidak akan bisa terbangun kalau hubungannya, atau silaturahimnya tidak terbangun. Silaturahim tidak bisa terbangun kalau ada ganjalan antara yang satu dengan yang lain, ada hambatan psikologis karena merasa punya kesalahan,” ujar Ma’ruf. 

Dalam kesempatan ini, dilakukan Penandatanganan 3 Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Adapun 3 MoU tersebut adalah MoU tentang ‘Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka Mendukung Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah’ antara MUI dan Bank Indonesia; MoU tentang ‘Peningkatan Kerja Sama dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi MUI dan OJK’ antara MUI dan Otoritas Jasa Keuangan; serta MoU tentang ‘Sinergitas Pemberdayaan Perempuan’ antara MUI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan kemanusiaan MUI untuk Palestina melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement