Ahad 17 Mar 2024 06:50 WIB

Satu Kondisi Hamba yang Membuat Doanya Mudah Dikabulkan Allah SWT

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman
Foto:

Maka dia hanya bergantung pada rahmat karunia Allah SWT semata. Maka dengan demikian dia merasa sangat rendah (di hadapan Allah SWT), sebab dia meminta (berdoa kepada Allah) tetapi tanpa sesuatu yang diajukan (diikhtiarkan) untuk laiaknya mendapatkan sesuatu yang dimintanya kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah SWT semata. Kalimat ini suatu kekayaan dari kekayaan surga."

Artinya orang yang mempergunakan kalimat itu maka dia bagaikan hidup dalam surga. Sebab dia merasa puas dengan jaminan Allah dan nikmat pemberian Allah SWT.

Dalam penjelasan dan terjemahan kitab Al Hikam lainnya. Dijelaskan bahwa tanamkan dalam diri ini bahwa kita sangat membutuhkan Allah SWT. agar permintaan kita segera dikabulkan-Nya. Tampakkanlah di hadapan Allah SWT bahwa kita membutuhkan-Nya. kita hanyalah hamba yang lemah dan fakir, yang tidak memiliki apapun.

Cobalah kamu perhatikan kisah-kisah kehidupan sehari¬-hari yang beredar luas di kalangan masyarakat. Kapan se¬orang manusia merasa dekat kepada-Nya? Jawabannya ada¬lah ketika mereka membutuhkan-Nya. 

Ketika kamu lapar dan tidak pernah mencicipi makanan selama beberapa hari, maka kepada siapakah kamu akan mengadu di setiap desah nafas kamu kalau bukan kepada Allah SWT. Ketika kamu sakit keras dan di ujung kematian, bukankah kamu seharusnya memohon hanya kepada Allah SWT.

Perasaan butuh yang luar bisa kepada Allah SWT adalah jalan pengabulan doa. Saat itu, kamu benar-benar hina dan rendah di hadapan-Nya.

Tidak ada tempat yang bisa kamu jadikan sandaran, kecuali diri-Nya. Tidak ada sesuatupun yang bisa kamu jadikan tempat mengadu, kecuali ke¬pada-Nya. Saat itulah, Allah SWT akan menunjukkan kuasa-Nya kepada kamu.

 

Demikian dijelaskan DA Pakih Sati Lc dalam buku Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya yang diterbitkan penerbit Noktah tahun 2017. 

photo
Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement