Sabtu 09 Mar 2024 23:26 WIB

Keutamaan Sholat Tahajud yang Luar Biasa

Kekasih Allah biasa melakukan sholat tahajud.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat tahajud.
Foto: Mainichi/Aya Kimura
Ilustrasi sholat tahajud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Solat ini dilakukan pada waktu malam hari dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Melalui sholat tahajud, seseorang dapat memperdalam hubungan dengan Allah SWT, memperbaiki diri, dan meraih keberkahan dalam kehidupan. 

Baca Juga

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa. (HR. Tirmidzi). 

Dalam hadis lain dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا اسْتَيْقَظَ الرَّجُلُ مِنَ اللَّيْلِ وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّيَا رَكْعَتَيْنِ كُتِبَا مِنَ الذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ

Apabila seseorang bangun di waktu malam, lalu dia membangunkan istrinya, kemudian keduanya mengerjakan solat dua rakaat, maka keduanya akan dicatat sebagai pria dan wanita yang banyak berdzikir pada Allah. (HR. Ibnu Majah). 

Amalan solat tahajud juga bisa membuat seseorang dipermudah untuk masuk ke dalam surganya Allah SWT. Sesuai Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  yang bersabda:

Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan solatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat. (HR. Ibnu Majah). 

Melaksanakan solat tahajud dengan ikhlas dan penuh keyakinan juga dapat membawa keberkahan berupa dihapuskan dosanya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi: 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Sungguh di dalam surga terdapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Allah sediakan bagi orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Ramadhan (dengan puasa sunnah), menyebarkan salam dan mengerjakan solat malam ketika manusia lain terlelap tidur.  (HR. Tirmidzi). 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement