Kamis 07 Mar 2024 21:47 WIB

Jangan Terlambat Tobat Saat Nyawa di Kerongkongan, Ingat Kisah Firaun dalam Alquran

Firaun bertobat di ujung hidupnya sehingga tidak diterima

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Piramida Giza di Mesir peninggalan Firaun yang binasa akibat kesombongannya mengaku tuhan
Foto:

Karena itu, jika seseorang sudah masuk dalam sakaratul maut, maka tidak ada lagi kesempatan tobat, sebab pintunya sudah ditutup rapat-rapat serta dikunci. Dijebol pintunya pun tidak akan bisa karena ia sedang sakaratul maut. Tidak ada lagi yang bisa diperbuat, kecuali menunggu kematian.

Adapun Firaun, dia sudah tahu persis datangnya kematian saat ia bakal tenggelam. Hal ini pulalah yang membuat dirinya putus asa dan baru berpikir untuk bertobat.

Tetapi nyatanya sudah terlambat. Dijelaskan lagi dalam Alquran, mengenai tobat yang tidak diterima. Allah SWT berfirman:

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۚ حَتّٰىٓ اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ اِنِّيْ تُبْتُ الْـٰٔنَ وَلَا الَّذِيْنَ يَمُوْتُوْنَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

"Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan 'Sesungguhnya aku bertobat sekarang'. Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih". (QS An Nisa Ayat 18)

photo
Waktu terbaik bertobat. - (republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement