Selasa 05 Mar 2024 22:18 WIB

KBRI Tokyo Dorong Entitas Sertifikasi Halal Indonesia di Jepang

Tujuan entitas tersebut untuk promosi dan kerja sama kuliner Indonesia-Jepang.

Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan diaspora Indonesia di Wisma Duta Tokyo, Senin (4/3/2024).
Foto: KBRI Tokyo
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan diaspora Indonesia di Wisma Duta Tokyo, Senin (4/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mendorong didirikannya entitas sertifikasi halal Indonesia di Jepang.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam pernyataannya di Tokyo, Selasa (5/3/2024), mengatakan tujuan entitas tersebut untuk promosi dan kerja sama Indonesia-Jepang di bidang kuliner.

Baca Juga

“Saat ini KBRI Tokyo tengah mendorong didirikannya entitas sertifikasi halal Indonesia di Jepang. Ini juga untuk mendukung promosi produk kuliner halal Indonesia di Jepang bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia di Jepang,” katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan saat kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang di Jepang. Dubes Heri menambahkan diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan kerja sama Indonesia–Jepang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan hubungan Indonesia–Jepang. Pertemuan ini menjadi kesempatan berharga untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan inisiatif yang dapat memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Jepang,” ujarnya.

Dia meyakini kolaborasi antara pemerintah, perwakilan diaspora, dan pelaku bisnis akan menjadi kunci kesuksesan dalam memperluas pasar dan meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Jepang.

Kepada perwakilan diaspora Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi peran serta diaspora Indonesia di Jepang dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kreativitas dan kolaborasi akan mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Tidak hanya Bali tetapi juga destinasi wisata prioritas lainnnya. Saya yakin hubungan Indonesia-Jepang bisa semakin kuat," kata Sandiaga.

Wakil Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang Prima Gandhi berharap terus mendapatkan dukungan dalam promosi budaya Indonesia di Jepang sebab pihakya turut aktif dalam berbagai kegiatan promosi.

“Kami kerap terlibat aktif dalam berbagai festival di Jepang di antaranya di sekolah Jepang. Kesempatan itu kami gunakan untuk ajang promosi Indonesia," ujarnya

Perwakilan diaspora Indonesia di Jepang yang hadir terdiri dari kelompok agama, profesi, perempuan dan komunitas lainnya. Di antaranya adalah Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ), Indonesia Community in Japan (ICJ) serta Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ). Hadir pula perwakilan dari BUMN Indonesia seperti BNI Tokyo, Pertamina dan Garuda Indonesia di Tokyo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement