Selasa 05 Mar 2024 22:51 WIB

Menkopolhukam Minta Dukungan MUI

MUI menaungi lebih dari 80 organisasi masyarakat berbasis Islam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil
Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto
Foto: Republika
Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto meminta dukungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ikut menjaga situasi dan keamanan masyarakat pasca Pemilu 2024. Sebab Hadi memandang MUI adalah organisasi besar.

MUI, kata Hadi, menaungi lebih dari 80 organisasi masyarakat berbasis Islam. Sehingga mereka mempunyai pengaruh kuat untuk menjaga masyarakat agar tidak bergejolak. Para tokoh di MUI diyakini mampu menjaga keharmonisan.

Baca Juga

"Dan kaitannya dengan pasca Pileg Pilpres yang saat ini terus kondusif dan akan terus kita jaga dan membutuhkan kontribusi dari para kiai yang ada di MUI ini," ujar Hadi dalam kunjungannya ke Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Hadi mengungkapkan dalam pertemuannya dengan pimpinan MUI meminta agar mereka ikut menjaga kondusivitas hingga pelantikan. Karena kesuksesan Pemilu akan dilihat oleh dunia dan akan dinilai bahwa demokrasi Indonesia sangat baik.

Hadi menambahkan, kesuksesan demokrasi juga bagian dari harga diri bangsa. Maka dari itu, Hadi menegaskan MUI perlu dilibatkan. Dan mengenai kondisi keamanan di masyarakat pasca Pemilu, Hadi mengeklaim aman dan terkendali.

Meskipun ada beberapa kelompok yang memprotes namun menurut hadi itu hanyalah riak kecil. Faktanya di masyarakat dalam situasi aman dan damai.

Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengatakan MUI merupakan mitra pemerintah. Dan selama pemerintah berada pada jalan yang benar maka MUI akan selalu memberikan dukungan. Namun sebaliknya apabila tidak benar MUI akan memperingatkan.

Anwar mengutip apa yang dikatakan Al-Ghazali bahwa masyakat rusak apabila pemerintahanya pun rusak. Selain itu pemerintah akan rusak juga apabila ulama pun rusak. 

"Kapan ulama rusak? Kalau ulama tidak berani menyampaikan kebenaran kepada pemerintah. Karena itu Majelis Ulama Indonesia diuji ini, apakag Majelis Ulama Indonesia berani menyuarakan kepada mereka," katanya.

Anwar mengatakan kedatangan Hadi ke MUI untuk meminta doa dan dukungan agar tugasnya sebagai Menkopolhukan berjalan lancar. Selain itu, Anwar mengaku Hadi juga meminta dukungan agar MUI ikut serta menjaga keamanan masyarakat pasca Pemilu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement