Ahad 03 Mar 2024 10:38 WIB

Gelar Tahrib, LPI Nur Hikmah Bangkitkan Spirit Ramadhan Bersama Gaza

Tarhib Ramadhan kembali dihadirkan secara kolosal.

LPI Nur Hikmah Bekasi Kembali mengkick off kegiatan rutin tahunan jelang bulan mulia Ramadhan.
Foto: Dok LPI Nur Hikmah
LPI Nur Hikmah Bekasi Kembali mengkick off kegiatan rutin tahunan jelang bulan mulia Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --LPI Nur Hikmah Bekasi Kembali mengkick off kegiatan rutin tahunan jelang bulan mulia Ramadhan. Bertepatan dengan Jum’at 20 Sya’ban 1445/ 01 Maret 2024 M kegiatan Tarhib Ramadhan kembali dihadirkan secara kolosal.

Dengan mengangkat tema umum “Membangun Spirit Juang Ramadhan Bersama Gaza”, kegiatan ini ingin sarat akan makna terdalam yakni mengajak seluruh siswa untuk terus menumbuhkan empati sejak dini terhadap penderitaan umat muslim Palestina yang menjadi korban perang di Jalur Gaza yang terus berlangsung hingga hari ini.

Baca Juga

Dengan menggandeng Qudwah Indonesia sebagai Lembaga Filantropi yang berkecimpung di bidang kemanusiaan, tarhib ini memiliki serangkaian kegiatan. Mulai dari program KEKASI Dongeng Edukasi dan Inspirasi untuk siswa jenjnag KB TK dan siswa kelas bawah, program One Student One Dolar dengan menghadirkan Syaikh dari Palestina yaitu Syaikh Saefuddin Ashour, kajian tarhib guru dan pegawai LPI Nur Hikmah dan kajian orangtua siswa dengan menghadirkan seorang Dai TV Nasional Ustadz Arifin Nugroho, MA. 

Diawali oleh kajian orang tua siswa yang dilaksanakan pada Selasa, 28 Februari 2024 dan dihadiri oleh sebagian dari orang tua wali murid, kegiatan ini berlangsung khidmat. Kemudian disusul dengan tarhib siswa yang melibatkan seluruh siswa SDIT, SMPIT dan SMAIT Nur Hikmah dan bertempat di Aula utama SDIT Nur Hikmah.

 

Antusias siswa yang mengikuti sungguh luar biasa. Tidak hanya sekadar datang dan mendengarkan tausiyah saja, para siswa pun diminta untuk mendonasikan Sebagian rizkinya melalui program One Student One Dollar. Donasi yang berhasil dikumpulkan dalam satu hari tersebut adalah sejumlah empat puluh tiga juta dua ratus Sembilan puluh ribu lima ratus rupiah (Rp 43. 298.500 ). Kegiatan ini menjadi semangat perjuangan tersendiri bagi siswa dalam menunjukan kepedulian sosial bagi Ghaza. 

Lain halnya dengan siswa kelas bawah, keseruan kali ini sangat terasa. Melalui cerita seru yang dibawakan oleh Kak Jani (Story Teller Nasional), Kembali mengajak adik – adik kecil untuk turut merasakan duka Ghaza. Dengan menceritakan sebuah dongeng perihal negeri Syam, Palestina, yang menarik dan menginspirasi publik untuk sebuah misi kemanusiaan.

Tentunya hal ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi siswa KB TK dalam memberikan pemahaman sikap terpuji yang harus dilakukan sebagai bentuk empati bagi sesama.

Rangkaian kegiatan Tarhib Ramadhan 1445 H kali ini dibuat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Pasalnya, hingga saat ini kita masih menyaksikan kekejaman zionis merajalela di bumi Al Aqsha, hal inilah yang menjadi pijakan dalam penentuan konsep Tarhib Ramadhan siswa, tutur Ustadz Tarmizi, M.Pd selaku Manager Diniyyah yang menjadi penggerak dari kegiatan ini. 

Adapun puncak dari kegiatan Tarhib ini adalah penyerahan secara simbolis donasi yang terkumpul untuk saudara – saudara muslim di Ghaza Palestina melalui Qudwah Indonesia. Semoga sedikit yang kami berikan dapat menjadi manfaat bagi saudara – saudara kami di Ghaza Palestina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement