Jumat 01 Mar 2024 18:58 WIB

Raih Penghargaan Zakat, Bupati Sleman Dorong Optimalisasi Zakat

Bupati Sleman raih anugerah Baznas award 2024.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.
Foto: Dok Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI pada acara Baznas Awards tahun 2024 di Hotel Bidakara, Jalarta, Kamis (29/2/2024). 

Kustini menjadi salah satu kepala daerah dari 58 Bupati se-Indonesia yang menerima penghargaan Baznas Awards dengan kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik. 

Baca Juga

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Ketua Baznas RI Noor Achmad kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang disaksikan secara langsung oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Noor Achmad menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan kepada para kepala daerah ini merupakan bentuk apresiasi atas prestasinya dalam melaksanaan berbagai program dan pengelolaan zakat di daerahnya masing-masing.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan para kepala daerah yang membantu pelaksanaan program Baznas di daerah. Menurut dia, peran kepala daerah sangat penting, terlebih program zakat ini menjadi perhatian Presiden RI agar dapat berkembang di daerah. 

 

Perkembangan tersebut dapat dilihat dari pencapaian pengumpulan dana zakat Baznas dan Laz se-Indonesia tahun 2023 sebesar 33 triliun dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 65 juta penerima. 

Presiden RI Joko Widodo melalui sambutannya yang dibacakan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan bahwa Baznas Awards ini tidak hanya menjadi rutinitas. Tetapi melambangkan apresiasi dan motivasi bagi individu maupun kelompok, sekaligus menjadi penghormatan bagi mereka yang meningkatkan efektivitas pengelolaan zakat dan memberi pengaruh yang signifikan bagi penerima manfaat. 

Presiden juga mendorong agar kepala daerah terus memajukan zakat karena, menurut dia, saat ini zakat telah memberikan dampak dalam pembangunan nasional dengan merambah ke isu pendidikan, kesehatan, dan isu lainnya. Hal tersebut menunjukkan betapa besar pengaruh zakat. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan terima kasihnya kepada Baznas RI yang telah memberikan apresiasi atas pengelolaan zakat di Kabupaten Sleman. Ia menyebut apresiasi yang diberikan Baznas RI merupakan merupakan hasil dari upaya bersama yang dilakukan Pemkab Sleman bersama Baznas Kabupaten Sleman dalam pengelolaan ZIS. 

"Penghargaan ini merupakan hasil dari upaya kita bersama dalam pengelolaan zakat agar dapat disalurkan kepada penerima manfaat," kata dia.

Ia berharap, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berkomitmen dalam memberikan perubahan positif dan meningkatkan kesejatehraan masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement