Selasa 27 Feb 2024 14:00 WIB

DQ Resmikan Pengadaan Air Bersih di Daerah Rawan Air dan Kawasan Miskin

Keberadaan air bersih ini disambut bahagia oleh para warga.

Dompet al-Quran Indonesia meresmikan pengadaan air bersih di daerah rawan air dan kawasan miskin di wilayah Kabupaten Malang selatan, tepatnya di Dusun Karangrejo Selatan, Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.
Foto: Dok DQ
Dompet al-Quran Indonesia meresmikan pengadaan air bersih di daerah rawan air dan kawasan miskin di wilayah Kabupaten Malang selatan, tepatnya di Dusun Karangrejo Selatan, Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA---Dompet al-Qur’an Indonesia meresmikan pengadaan air bersih di daerah rawan air dan kawasan miskin di wilayah Kabupaten Malang selatan, tepatnya di Dusun Karangrejo Selatan, Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kecamatan Donomulyo sendiri merupakan daerah rawan air dengan cakupan pelayanan air bersih PDAM dan HIPPAM saat ini sebesar 23 persen. Saat musim kemarau, banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Tak hanya itu, Kecamatan Donomulyo merupakan kecamatan peringkat ketiga yang memiliki rumah tangga miskin di Kabupaten Malang dengan jumlah 11.293 pada tahun 2022. Sementara itu tingkat kemiskinan air terparah dengan klasifikasi kritis terdapat pada tiga desa yatu Desa Donomulyo, Desa Purworejo dan Desa Purwodadi. Dari sinilah akhirnya DQ membuat pengadaan air bersih di Desa Purworejo.

Baca Juga

Lokasi sumber air atau sumur bor ini tepatnya di area Musholla Baitusssalam yang telah diwakafkan untuk pembangunan sumur air bersih. Dari sumber air dengan kedalaman 72 meter ini kemudian dialirkan ke tandon yang berada disebelah Musholla Baitussalam. Sampai saat ini air tersebut sudah teralirkan ke 40 KK dan masih terus berlanjut sampai 75 KK.

Keberadaan air bersih ini disambut bahagia oleh para warga. Kini kebutuhan air mereka untuk kebutuhan sehari-hari mulai terpenuhi. Selan itu juga para jamaah di Musholla Baitusssalam kini dapat melaksanakan aktivitas beribadah dengan nyaman tanpa bingung terhadap ketersediaan air bersih untuk bersuci. Semoga dengan ini menjadi amal jariyah untuk semuanya yang terlibat dalam kolaborasi kebaikan ini.

 

Manajer Penghimpunan DQ, Agung Puji Utomo, yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan, “Pengadaan air bersih Dusun Karangrejo Desa Purworejo Kecamatan Dojomulyo Kabupaten Malang ini merupakan kolaborasi kebaikan DQ bersama YDSF dan LPFDT. Semoga pengadaan air bersih ini bermanfaat bagi warga sekitar dan juga mengalirkan pahala jariah bagi semua muhsinin yang mendukung program tersebut.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement