Jumat 23 Feb 2024 10:33 WIB

Ini 7 Perguruan Tinggi Islam Swasta Berstatus Unggul dan Jadi Pilihan Utama Masyarakat

Perguruan tinggi islam swasta menerima mahasiswa baru.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meneliti buah leunca yang dapat digunakan sebagai bahan alat kontrasepsi.
Foto:

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Di tingkat nasional berada di peringkat 37 dan di tingkat dunia berada di peringkat 3.139.

Universitas Ahmad Dahlan merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berlokasi di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan beralamat di Jl. Kapas No.9, Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang

Di tingkat nasional berada di peringkat 42 dan di tingkat dunia berada di peringkat 3.481.

Universitas Islam Sultan Agung, disebut juga Unissula, merupakan universitas swasta yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas ini memiliki 11 fakultas dan 40 program studi mulai D3, S1, Profesi, S2, hingga S3.

Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta

Di tingkat nasional berada di peringkat 48 dan di tingkat dunia berada di peringkat 3.586.

Universitas Islam Indonesia (disingkat UII) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta Nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 1945 sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan menjadi institusi pendidikan tinggi swasta tertua kedua di Indonesia setelah Hoogere Theologische School (sekarang Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jakarta) yang didirikan tahun 1934 di Bogor (Buitenzorg).

Pemeringkatan

Untuk diketahui, Webometrics Ranking of World Universities (Peringkat Webometrics Universitas Dunia) adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

CSIC adalah salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa. CSIC pada tahun 2006 terdiri dari 126 pusat dan institut yang tersebar di seluruh Spanyol. CSIC melekat pada Kementerian Pendidikan dan tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan penelitian ilmiah guna meningkatkan kemajuan tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi negara yang akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan warga negara.

CSIC juga memainkan peran penting dalam pembentukan peneliti dan teknisi baru di berbagai aspek ilmu pengetahuan dan teknologi.

Organisasi ini berkolaborasi dengan lembaga-lembaga lain dalam sistem penelitian dan pengembangan Spanyol (universitas, pemerintahan otonom, lembaga penelitian publik dan swasta lainnya) dan dengan lembaga-lembaga sosial, ekonomi, nasional atau asing yang memberikan kontribusi terhadap kapasitas penelitian dan sumber daya manusia dan material dalam pengembangan penelitian dan pengembangan proyek penelitian atau dalam bentuk konsultasi dan dukungan ilmiah dan teknis. 

Lab Cybermetrics, bagian dari CSIC, dikhususkan untuk analisis kuantitatif konten Internet dan Web khususnya yang berkaitan dengan proses pembangkitan komunikasi ilmiah dan pengetahuan ilmiah. Ini adalah disiplin ilmu baru yang disebut Cybermetrics atau Webometrics.

 

Lab Cybermetrics menggunakan metode kuantitatif telah merancang dan menerapkan indikator yang memungkinkan kita mengukur aktivitas ilmiah di Web. Indikator sibermetri berguna untuk mengevaluasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan merupakan pelengkap sempurna untuk hasil yang diperoleh dengan metode bibliometrik dalam studi scientometri. Dilansir dari laman resmi Webometrics, Jumat (23/2/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement