Selasa 20 Feb 2024 17:24 WIB

Marak Majelis Dzikir, Ini 4 Keutamaannya yang Disebutkan Imam Al Ghazali

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi majelis dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Ilustrasi majelis dzikir. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Fenomena dzikir berjamaah yang mempunyai akar kuat dalam sejarah dan fikih Islam, memunculkan majelis-majelis majelis-majelis dzikir di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. 

Dalam praktiknya, majelis dzikir ada yang dilaksanakan di satu tempat secara terus menerus. Adapula yang berpindah-pindah. 

Baca Juga

Mereka yang berkumpul biasanya tak hanya melakukan aktivitas dzikir. Melainkan juga ada aktivitas tausiyah dari habaib, kiai, atau ustadz. Apkaha majelis dzikir mempunyai keutamaan?

Al Ghazali dalam buku Ihya 'Ulumudin mengatakan ada banyak keutamaan, yaitu sebagai berikut: 

Pertama, orang-orang yang berada pada majelis dzikir akan dikelilingi malaikat. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW.  

وَعَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالاَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى االلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْممَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ 

Dari Abu Hurairah dan Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, ‘Tidaklah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya.’” (HR Muslim, no 2700)

Kedua, diampuni dosa. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW sebagai berikut: 

 مَا مِنْ قوم اجتمعوا يذكرون الله تعالى لا يريدون بذلك إلا وجهه إلا ناداهم مناد من السماء قوموا مغفوراً لكم قد بدلت لكم سيئاتكم حسنات 

"Tidaklah sekumpulan manusia berkumpul untuk berdzikir kepada Allah mengharapkan ridha-Nya melainkan seorang penyeru akan menyeru dari langit, 'Dosa kalian telah diampuni dan kalian diberi pahala sebagai pengganti dosa kalian." (HR Ahmad, Abu Ya’la, Thabrani dari Anas bin Malik RA. 

Ketiga, kemudian berada di majelis dzikir juga dipandang sebuah kenikmatan. Hal ini sebagaimana Daud alaihissalam berkata: 

 إلهي إذا رأيتني أجاوز مجالس الذاكرين إلى مجالس الغافلين فاكسر رجلي دونهم فإنها نعمة تنعم بها علي

"Ya Tuhanku, apabila Engkau melihat aku bersama orang-orang yang lalai setelah meninggalkan majelis dzikir, maka potonglah kakiku supaya aku tidak sampai kepada mereka. Karena itu adalah nikmat yang Engkau anugerahkan kepadaku."

Keempat, Al Ghazali menambahkan orang yang suka berada di majelis dzikir juga akan dihapuskan dosanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

المجلس الصالح يكفر عن المؤمن ألفي ألف مجلس من مجالس السوء "Suatu majelis dzikir kaum Mukmin akan menghapus dosa dua ribu majelis dosa."

Baca juga: Saat Kiamat Tiba, Baca Kalimat Thayyibah yang 'Dibocorkan' Rasulullah SAW Ini

 

Sufyan bin 'Uyainah berkata, "Apabila sekelompok manusia berkumpul dan berdzikir kepada Allah SWT, niscaya setan dan dunia akan menjauh dari mereka. Lalu setan akan berkata kepada dunia, 'Tidakkah kamu melihat apa yang mereka perbuat'? Maka dunia menjawab, 'Tinggalkanlah mereka sampai mereka berpisah satu sama lain, lalu aku akan membawa mereka kepadamu dengan menangkap leher mereka."

Keutamaan-keutamaan berada di majelis dzikir di atas membuat umat Islam tidak punya alasan untuk meninggalkan majelis dzikir. Sebab malaikat akan ada di antara mereka yang ada di majelis dzikir.    

Keutamaan dzikir...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement