Senin 12 Feb 2024 17:10 WIB

Umat Islam Telah Memasuki Bulan Sya'ban, Makin Dekat dengan Ramadhan

Bulan Sya’ban telah dimulai pada Ahad, 11 Februari 2024.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ramadhan
Foto:

Kalender Hijriyah adalah kalender lunar dan bulan dimulai ketika bulan sabit pertama baru terlihat.  Perbedaan hari antara kalender lunar dan kalender matahari adalah sebanyak 11 hingga 12 hari, lebih pendek kalender lunar.

Bulan Sya’ban merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam karena menandakan awal Ramadhan akan segera tiba. Bulan Ramadhan merupakan bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.

Bulan Hijriyah baru dimulai ketika bulan sabit pertama muncul sebelum matahari terbenam dengan jeda waktu minimal beberapa menit. Saat umat Islam menunggu awal bulan khusus ini, umat Islam mempersiapkan diri dengan ibadah untuk menyambut kedatangan Ramadhan.

Di Indonesia, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Senin pahing, 11 Maret 2024. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menjelaskan alasan Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadhan sekarang.

"Mengapa Muhammadiyah mengumumkan sekarang dan mungkin ada yang bertanya mendahului. Kami PP Muhammdiyah tidak mendahului siapa pun," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro No 23, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (20/1/2024).

Haedar menuturkan awal Ramadhan lumrah terjadi pada setiap tahun. Bahkan kalendar yang dikeluarkan organisasi Islam maupun negara juga telah lebih dulu menentukan awal Ramadhan.

Persiapan menyambut Ramadhan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement