Rabu 31 Jan 2024 16:44 WIB

Baznas Kolaborasi dengan McDonald’s Bantu Palestina

Seluruh restoran McD di Indonesia akan dipasangi poster berisi kode QR untuk donasi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
PT Rekso Nasional Food kolaborasi dengan Baznas RI di acara Media Briefing Peluncuran Program Mekdi Untuk Kemanusiaan dan Penyerahan Bantuan Kemanusiaan Palestina di McD Thamrin Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).
Foto: Dok Baznas RI
PT Rekso Nasional Food kolaborasi dengan Baznas RI di acara Media Briefing Peluncuran Program Mekdi Untuk Kemanusiaan dan Penyerahan Bantuan Kemanusiaan Palestina di McD Thamrin Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan PT Rekso Nasional Food pemegang waralaba McDonald’s (McD) di Indonesia mengumumkan kerja sama dalam membantu masyarakat semakin mudah bersedekah. Melalui kolaborasi ini, seluruh restoran McD di Indonesia akan dipasangi poster berisi kode QR khusus untuk berdonasi.

Kode QR akan dipasang salah satunya pada periode 1-20 Februari 2024 untuk donasi bagi saudara di Palestina. McD Indonesia adalah restoran cepat saji pertama yang menjadi mitra penghimpun sedekah Baznas RI untuk membantu kemanusiaan.

Baca Juga

Kolaborasi Baznas RI dan PT Rekso Nasional Food merupakan salah satu kegiatan di bawah payung program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’, yakni sebuah inisiatif dari McD Indonesia yang bertujuan membantu masyarakat dan komunitas di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan bantuan disalurkan ke luar negeri.

Kerja sama antara McD Indonesia dan Baznas RI sebagai mitra penghimpun sedekah diumumkan sekaligus saat peluncuran program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’ yang diselenggarakan di McD Thamrin Jaya, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

 

Turut hadir Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan, Pimpinan Baznas RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Zainulbahar Noor, Pimpinan Baznas RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum Nur Chamdani, serta HR & GS Director PT Rekso Nasional Food, Yulianti Hadena.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan mengapresiasi komitmen PT Rekso Nasional Food dalam membantu sesama termasuk warga terdampak di Palestina. "Kami menyambut baik kolaborasi ini, dan memberikan apresiasi bagi PT Rekso Nasional Food yang secara berkelanjutan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Rizaludin di McD Thamrin Jaya, Jakarta, Rabu.

Di tempat yang sama, HR & GS Director PT Rekso Nasional Food Yulianti Hadena mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memfasilitasi bantuan kemanusiaan ke Palestina. Yulianti menjelaskan ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’ sejalan dengan filosofi McD Indonesia, yakni 'Niat Baik, Hasil Baik' yang diajarkan pendiri Rekso Group. Program ini didasari oleh prinsip-prinsip kemanusiaan, netralisasi, dan kemandirian untuk memberikan bantuan kepada sesama.

"Kepedulian dan komitmen terhadap sesama yang mendasari kami untuk meluncurkan program ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’ dan kedepannya, program ini akan menjadi payung untuk semua kegiatan yang kami lakukan," ujar Yulianti.

Melalui kolaborasi ini, dikatakan Yulianti, di semua restoran McD yang tersebar di Indonesia akan dipasangi poster kode QR. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat bersedekah untuk saudara yang membutuhkan, termasuk warga Gaza, Palestina.

"Caranya sangat mudah, cukup scan kode QR pada poster program Mekdi untuk Kemanusiaan yang tersedia di 317 resto McD di seluruh Indonesia, untuk ikut berdonasi," ujar Yulianti.

Yulianti mengatakan nantinya seluruh dana yang terkumpul dari masyarakat dan pelanggan selama periode yang telah ditentukan akan digunakan oleh Baznas RI untuk membantu warga Palestina.

Selain mengumumkan kerja sama dengan Baznas, PT Rekso Nasional Food juga kembali menyampaikan komitmen terhadap kemanusiaan yang diwujudkan dengan menyerahkan bantuan kemanusiaan tahap kedua. Bantuan tersebut berupa 1.000 selimut untuk warga Palestina yang masih sangat membutuhkan uluran tangan dan tengah menghadapi musim dingin.

Bantuan kedua ini termasuk didalamnya hasil penggalangan donasi karyawan PT Rekso Nasional Food yang telah dikumpulkan sejak 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh perwakilan PT Rekso Nasional Food kepada Baznas RI.

Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad menyampaikan bantuan kemanusiaan untuk Palestina merupakan tugas mulia. Dengan begitu, manfaat zakat semakin bisa dirasakan masyarakat luas.

"Kami berharap program ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyalurkan bantuannya bagi saudara-saudara kita di Palestina. Niat baik ini bisa kembali menjadi pengingat bahwa masih banyak saudara kita yang kurang beruntung dan butuh uluran tangan kita," ujar Kiai Noor.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement