Rabu 31 Jan 2024 16:19 WIB

Liciknya Tentara Israel, Menyamar Jadi Wanita Bergamis Serbu RS Tepi Barat

Mereka menyamar dengan memakai seragam medis atau pakaian sipil.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Petugas Kementerian Kesehatan Palestina mempersiapkan jenazah untuk pemakaman massal di kamp Rafah, selatan Jalur Gaza, Selasa (30/1/2024).
Foto:

"Mereka menggunakan senjata yang dilengkapi peredam suara, katanya.

Kantor berita resmi Palestina Wafa menyebut ketiga pria tersebut sebagai Muhammad Jalamnah, Muhammad Ayman Ghazawi, dan Basel Ayman Ghazawi. “Operasi tersebut dilakukan di bangsal rehabilitasi rumah sakit tempat Basel Ghazawi menjalani perawatan,” kata Nazzal.

Israel, yang menduduki Tepi Barat sejak perang Arab-Israel tahun 1967, telah meningkatkan serangannya ke kota-kota Palestina sejak 7 Oktober. Jenin menjadi fokus serangan Israel berulang kali. Tentara menghancurkan rumah-rumah dan menghancurkan jalan-jalan serta melakukan serangan udara.

Meskipun warga Palestina sering menuduh pasukan Israel mencegah paramedis menjangkau mereka yang terluka dalam serangan, namun serangan mematikan di dalam rumah sakit jarang terjadi. Yang terakhir, terjadi pada 12 November 2015 ketika agen yang menyamar berpura-pura membawa seorang wanita hamil menggerebek sebuah rumah sakit di kota Hebron, Tepi Barat selatan.

Mereka menahan seorang warga Palestina yang dituduh melakukan penikaman dan membunuh sepupunya di dalam Rumah Sakit Al-Ahli. Sejak serangan 7 Oktober yang memicu perang antara Israel dan Hamas, lebih dari 370 orang dibunuh oleh pasukan Israel dan pemukim di Tepi Barat, menurut kementerian kesehatan di Ramallah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement