Rabu 24 Jan 2024 20:38 WIB

Tanggapi Jokowi Singkat, Gus Mus: Presiden Boleh Kampanye Asal ...   

Gus Mus menyampaikan pesan agar Jokowi ajukan cuti.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Gus Mus menyampaikan pesan agar Jokowi ajukan cuti
Foto:

Komentar Gus Mus meminta Presiden agar cuti jika ingin berkampanye, mengingatkan kita akan puisi lamanya di era orde baru. Yang bahkan oleh Gus Mus sendiri dianggap berbahaya, karena panitia acara sampai di tangkap gara-gara puisinya itu. Puisi yang dia baca itu pun kembali viral di media sosial.

“Dulu pada zaman orde baru, saya membaca puisi berakibat ketua panitianya diamankan oleh yang berwenang. Saya pada waktu itu, katanya, karena ada puisi yang saya baca. Padahal saya baca puisi cuma begini,” kata Gus Mus.

Zaman kemajuan, 

Inilah zaman kemajuan

Ada sirup rasa jeruk dan durian

Ada keripik rasa keju dan ikan

Ada republik rasa kerajaan.

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

Penggalan puisi ini diBacakannya dalam acara gelar sastra jawa di taman budaya surakarta, Jawa Tengah, pada oktober 2023 lalu. Sayangnya puisinya itu tidak lagi Gus Mus lanjutkan, karena kahwatir ada pihak-pihak yang tersinggung sehingga pada malam itu Gus Mus mengakhiri puisinya dan hanya akan membacakan puisi-puisi cinta saja.

“Malam ini saya tidak akan membaca itu lagi, nanti …hehehe., saya baca puisi cinta saja, supaya tidak ada yang tersinggung. Hehee.. Sudah banyak yang tersinggung,” kata budayawa n sekaligus penyair disambut gelak tawa penonton.  

photo
Restu Jokowi di panggung politik Kaesang. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement