Jumat 19 Jan 2024 23:32 WIB

Jelang Puncak Harlah Ke-78, PP Muslimat NU Beri Santunan 500 Anak Yatim

Muslimat NU akan menggelar puncak Harlah ke-78 di GBK.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Ketum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, panitia telah melakukan koordinasi untuk Harlah ke-78 di GBK.
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Ketum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, panitia telah melakukan koordinasi untuk Harlah ke-78 di GBK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama menggelar santunan terhadap 500 anak yatim yang merupakan rangkaian Hari Lahir (Harlah) ke-78  sekaligus HUT NU ke 101. Santunan tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pusat pada Jumat (19/1/2024). 

Selain santunan kepada 500 anak yatim, PP Muslimat NU juga menggelar khataman Alquran serta tahlil yang ditujukan bagi pendiri NU dan pendiri Muslimat NU. 

Baca Juga

Puncak acara Harlah Muslimat NU akan berlangsung, Sabtu (20/1/2024). Sekitar 150 ribu Muslimat NU dari dalam dan luar negeri serta warga NU, perwakilan badan otonom NU, lajnah  dan lembaga NU lainnya akan hadir. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan bahwa persiapan peringatan Harlah ke 101 NU dan ke-78 Muslimat NU  ini sampai saat ini sudah mendekati 100 persen.

"Persiapan kita sudah 99 persen. Sisanya tinggal pelaksanaan mulai nanti malam. Mohon doa semoga lancar hidmat manfaat barakah," katanya di GBK, Jakarta Jumat (19/1/2024).

Khofifah menjelaskan bahwa panitia berkordinasi dengan  Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI serta pihak GBK untuk menyiapkan sejumlah area parkir yang telah dikondisikan zonasinya dari berbagai daerah di Indonesia. Guna menghindari penumpukan, tidak semua parkir dipusatkan pada arena GBK.

"Telah disiapkan kantong-kantong parkir di sekitar GBK. Bahkan  juga menyiapkan di Monas dan jika masih dibutuhkan akan disiapkan di Kemayoran," katanya.

Ia melanjutkan panitia juga menyediakan 300 toilet portabel yang tersebar di sejumlah titik di GBK. Oleh karena itu, Khofifah menegaskan bahwa persiapan acara sudah berjalan dengan baik.

"Prinsipnya kita sudah mempersiapkan semuanya. Termasuk tim relawan untuk memastikan arena bersih serta kerjasama dengan tim kebersihan.  Bismillah, besok pelaksanaannya. Kembali mohon doa serta mohon maaf jika terjadi pelambatan lalu lintas sejak Jumat malam sampai Sabtu Sore di sekitar Gelora Bung Karno," tuturnya.

Baca juga: Ayat Alquran yang Dibaca Abdullah Bin Masud Ini Membuat Air Mata Rasulullah SAW Menetes

Kegiatan utama Peringatan Harlah ke-78 Muslimat NU ini adalah pembacaan dzikir, istighatsah, doa, dan shalawat,  sholat tahajud, serta tadarus Alquran dengan target khataman sebanyak 2024 kali, mengacu pada 2024. 

Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan jajaran syuriyah PBNU, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan jajaran tanfidziyah PBNU. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement