Ahad 07 Jan 2024 15:17 WIB

Mengapa Kita Harus Peduli dengan Perjuangan Palestina? Ini Deretan Jawabannya

Indonesia mempunyai hutang sejarah kepada Palestina

Warga Palestina memeriksa puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan Israel di kamp pengungsi Maghazi, Jalur Gaza Tengah.
Foto:

Beliau adalah seorang saudagar kaya Palestina yang spontan menyerahkan seluruh uangnya di Bank Arabia tanpa meminta tanda bukti dan berkata: ''Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia ..'' 

Hal lain yang juga menjadi alasan kenapa kita harus mendukung Palestina adalah di Palestina terdapat wilayah penting bagi Umat Islam. Dan merupakan Tanah Suci ke tiga, setelah Makkah dan Madinnah, yaitu Al Quds. Di sana juga ada Masjid Suci yang ketiga setelah Masjidil Haram (di Makkah) dan Masjid Nabawi (di Madinnah), yaitu Masjid Al Aqsa, kiblat pertama Umat Islam. 

Indonesia pernah mengalami hal yang sama seperti yang dirasakan oleh rakyat Gaza di Palestina. Peperangan dan diplomasi menjadi warna dalam bagian sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan Palestina.

Seharusnya kita jangan lupa terhadap apa-apa yang pernah kita alami dahulu ketika awal kemerdekaan. Sejarah kembali berulang dengan lakon yang berbeda. 

Posisi Indonesia sudah bukan negara yang dijajah seperti dahulu. Peranan Indonesia sebagai negara Muslim terbesar sangat diharapkan oleh negara Palestina. 

Demonstrasi besar-besaran yang dilakukan seluruh masyarakat dunia, menunjukkan rasa solidaritas terhadap rakyat Palestina. Sesungguhnya, ada sebuah cita-cita rakyat Palestina yang harus kita dukung, yaitu sebuah kemerdekaan, seperti kemerdekaan yang diharapkan rakyat Indonesia. 

 

Baca juga: Istilah Alquran yang Diduga Berarti Kapur Barus Pewangi yang Hanya ada di Jawa dan China

Jadi sudah saatnya kita peduli dengan Palestina, karena rakyat Palestina adalah saudara kita yang diibaratkan seperti bagian dari tubuh kita.        

عن النعمان بن بشير -رضي الله عنهما- قال: قال رسول الله ﷺ مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، ممَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَىى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى  

Dari Nu'man bin Basyir semoga Allah meridhoi keduanya berkata, bersabda rasulullah shalallahu alaihi wa salam, “Perumpamaan kaum Mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam.” (HR Al-Bukhari (no. 6011), Muslim (no. 2586) dan Ahmad (IV/270), dari Sahabat an-Nu’man bin Basyir Radhiyallahu anhuma, lafazh ini milik Muslim)

*Naskah Erni Arie Susanti tayang di Harian Republika 2009 

photo
Sejarah Perlawanan Palestina - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement