Rabu 03 Jan 2024 18:37 WIB

NU Care-LAZISNU PBNU Terima Bantuan Kemanusian dari Kemenag RI untuk Palestina

Dalam acara tersebut, Kemenag RI menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina

 Dalam acara tersebut, Kemenag RI menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina kepada NU Care-LAZISNU
Foto: dok lazisnu
Dalam acara tersebut, Kemenag RI menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina kepada NU Care-LAZISNU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NU Care-LAZISNU PBNU turut menghadiri acara Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Gedung Usmar Ismail, Jakarta, pada Selasa (2/01/2024).

Dalam acara tersebut, Kemenag RI menyerahkan dana bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina kepada NU Care-LAZISNU dan LAZIS Muhammadiyah (Lazismu). Bantuan ini melibatkan ASN Kemenag seluruh Indonesia yang berhasil menggalang dana sebesar Rp 41.520.207.987 dan sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se-Indonesia sebesar Rp 3.381.888.260.

Baca Juga

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas kepada pihak NU Care-LAZISNU PBNU yang diwakili oleh Direktur Eksekutif Qohari Cholil dan Ketua Badan Pengurus Lazismu Ahmad Imam Mujadid Rais. Sedangkan bantuan DWP Kemenag diserahkan oleh Eny Retno Yaqut selaku penasihat, didampingi Wakil Penasihat DWP Tanti Kristiani Saiful dan Farikha Nizar selaku Ketua DWP Kemenag.

"Ini adalah kepedulian keluarga besar Kementerian Agama terhadap kepedihan yang saat ini dirasakan oleh saudara kita di Palestina," tutur Menteri Agama H Yaqut Cholil Staquf.

Direktur NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil sangat mengapresiasi inisiatif dan kepedulian seluruh jajaran Kementerian Agama yang memberikan sumbangsih besar untuk perjuangan rakyat Palestina. "Insyaallah akan kami sampaikan kepada saudara-saudara Palestina yang masih berjuang mempertahankan Tanah Air mereka,” tutur Qohari.

Pihaknya menjelaskan bahwa LAZISNU PBNU melalui LAZISNU PCINU Mesir bekerja sama dengan lembaga zakat di Mesir, yaitu Bayt Zakat wa as-Shadaqat (BZS) dan Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai Rp5 miliar.

"Belum lama, akhir Desember kemarin LAZISNU bekerja sama dengan lembaga zakat di Mesir menyalurkan bantuan sebanyak 5 miliar rupiah untuk warga Gaza Palestina, yang kemudian disalurkan dalam bentuk bantuan berupa baju musim dingin, selimut, makanan, dan peralatan makan. Ini menjadi bukti komitmen Nahdlatul Ulama dalam membantu rakyat Palestina," ungkapnya.

Sebagai informasi, NU Care-LAZISNU melalui program besar NU Peduli Palestina telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dalam beberapa tahap, melalui berbagai jaringan baik pemerintah maupun lembaga mitra NU Care-LAZISNU di Palestina, seperti melalui Kementerian Luar Negeri RI, TNI AL, dan AWC yang merupakan lembaga kemanusiaan di Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement