Rabu 27 Dec 2023 10:21 WIB

Petinju Gervonta Davis Jadi Mualaf, Fenomena Sosial Apakah Ini?

Gervonta Davis berkomitmen menjadi Muslim.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Gervonta Davis merayakan setelah mengalahkan Rolando Romero pada ronde keenam pertarungan tinju kejuaraan ringan WBA Ahad pagi, 29 Mei 2022, di New York.
Foto: AP Photo/Frank Franklin II
Gervonta Davis merayakan setelah mengalahkan Rolando Romero pada ronde keenam pertarungan tinju kejuaraan ringan WBA Ahad pagi, 29 Mei 2022, di New York.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin banyak orang yang termotivasi untuk memeluk agama Islam, tidak hanya generasi muda tetapi juga dari generasi tua, mulai dari kalangan artis hingga olahragawan. Salah satu olahragawan yang baru menjadi mualaf adalah petinju juara dunia Gervonta Davis.

Gervonta menjadi mualaf menyusul senior-seniornya di dunia tinju, seperti Mike Tyson, Muhammad Ali, Bernard Hopkins, dan lain-lain.

Baca Juga

Mengapa selalu ada yang termotivasi masuk Islam? Padahal, sebelumnya sudah memeluk agama lain. Lalu fenomena sosial apakah ini?

Menanggapi hal itu, Ahli Sosiolog Agama dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Aziz Faiz mengatakan, orang banyak termotivasi masuk Islam karena dunia modern telah menghadirkan generasi pencari.

 

“Dunia modern menghadirkan generasi yang disebut oleh Sosiolog Amerika Serikat, Wade Clark Roof sebagai generasi pencari (generation of seekers),” ujar Faiz saat dihubungi Republika pada Rabu (27/12/2023).

Fenomena ini berbeda dengan era sebelumnya. Kalau generasi sebelumnya, menurut Faiz, disebut sebagai generasi yang Taken for Granted, yang loyal pada tradisi dan mengikuti agama orang tuanya.

“Sementara generasi berikutnya style-nya berubah, perilaku keberagamanya sebagai pencarian. Mereka mengubah visi keberagamaannya lebih kepada visi moral, ketenangan, dan kebahagiaan personal dari sekadar mengikuti tradisi orang tua mereka,” ucap Faiz.

Dosen Program Studi Sosiologi Agama di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam ini menambahkan, generasi pencari ini biasanya lebih menekankan pada menemukan autentisitas perasaan dan pikiran mereka dalam iman religius mereka.

“Hal ini banyak menimpa justru orang kelas menengah-atas, yang sebelumnya style hidup tampak lebih sekuler meski sudah beragama yang ditandai dengan bergelimang harta, namun kemudian mengalami kehampaan dan menemukan jalan-jalan spiritualnya termasuk salah satunya pada Islam,” kata Faiz.

Sebelumnya, Gervonta Davis membagikan kabar menjadi mualaf secara langsung melalui Instagram mantan rapper Mutah Beale. Melalui akun @mutahbeale, Gervonta Davis mengucapkan syahadat dan memeluk agama Islam pada Senin (25/12/2023).

Petinju profesional tersebut juga membaca syahadat bersama dua orang lainnya yang dipandu oleh imam masjid. “Alhamdulillah saudara kita Hasan As-Somali imam dari @gtwonmasjidofficial di Philly, memberikan syahadat kepada saudara kita tank @gervontaa selamat datang di islam akhi, semoga Allah memberikan keteguhan kalian, turut hadir saat syahadat, Abdul-Haq (Big Durk),” @muthabeale.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement