Kamis 21 Dec 2023 22:51 WIB

Soal Candaan Zulhas, Ketum MUI Minta Kata 'Amin' dalam Sholat tidak Dipolitisasi

Ia pun meminta masyarakat tidak memperpanjang masalah tersebut.

Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar (kiri).
Foto: Dok Istimewa
Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Iskandar meminta kata "Amin" dalam sholat tidak dipolitisasi atau tidak dicampuradukkan dengan politik.

"Tapi tidak ada urusannya dengan politik. Bisa aja orang itu diam karena mulutnya sakit atau apa," kata Anwar Iskandar dalam video keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Pernyataan Anwar Iskandar tersebut menanggapi viralnya video Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang berkelakar tentang pelafalan kata "Amin" saat kontestasi Pilpres 2024.

BACA JUGA: Bukan Candaan, Ini Alasan Mengapa Saat Sholat Disunnahkan Ucap 'Amin'

Anwar mengatakan hal tersebut menjadi ramai karena berkaitan dengan adanya pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang menyingkatkan nama mereka menjadi "Amin" untuk kepentingan pemilu.

Namun kata "Amin" dalam sholat, kata dia, tentu tidak ada hubungannya dengan urusan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. "Jadi jangan mengait-ngaitkan 'Amin' dalam sholat ini dengan Anies Baswedan dan Muhaimin. Nggak ada urusannya, nggak ada kaitannya apa-apa," kata dia.

Ia pun meminta masyarakat tidak memperpanjang atau melebih-lebihkan masalah tersebut. "Ini menjadi ramai karena ada ustadz-ustadz yang bercanda. Ada Ustadz Adi Hidayat, ada Ustadz Abdul Somad, ada Pak Anies juga. Semuanya mari kita bersalaman mari saling memaafkan," kata dia.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pihak yang menyinggung ritual keagamaan melalui narasi politik sebagai bentuk perilaku kekanak-kanakan. "Kita ini jangan kayak kanak-kanaklah, urusan 'Amin' itu kan tidak berarti calon presiden. 'Amin' itu dari dulu sudah ada," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf mengatakan, kata "Amin" dalam ritual ibadah umum diucapkan untuk menyimpulkan dan mengakhiri suatu doa dan bermakna sebagai istilah agar dikabulkan. Namun, menjelang kontestasi Pemilu Presiden 2024, kata itu identik dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau yang disingkat sebagai pasangan "Amin".

"Kalau orang bilang 'wa lad-daallin', ya mesti 'amin'-lah, terus apa diganti? Ya nggak mungkinlah dan itu semua orang tahu," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement