Selasa 19 Dec 2023 14:17 WIB

Perayaan HAB Ke-78 Kemenag, Penyair Nasional akan Berpuisi untuk Palestina

Kemenag jadikan HAB sebagai momentum meningkatkan performa kerja.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Konferensi pers HAB Kementerian Agama RI
Foto: Muhyiddin/Republika
Konferensi pers HAB Kementerian Agama RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) akan merayakan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 pada 2-7 Januari 2024. Pada hari pertama, Kemenag akan menggelar acara bertajuk "Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina" di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan pada Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 19.00 WIB-selesai.

Dalam acara ini, Kemenag akan menghadirkan sejumlah penyair nasional, seperti KH Musthofa Bisri, Zawawi Imron, Sosiawan Leak, dan Sutardji Calzoum Bachri yang dijuluki sebagai presiden penyair Indonesia. 

Baca Juga

Ketua Panitia HAB ke-78 Kemenag, Prof Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, dalam acara untaian doa dan puisi tersebut, pihaknya juga akan menyalurkan dana sebesar Rp 26 Miliar untuk rakyat Palestina. 

"Ada donasi untuk rakyat Palestina sekitar Rp26 miliar," ujar pria yang akrab dipanggil Prof Inung tersebut dalam acara "Coffee Morning" di Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023).

Di tempat yang sama, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menambahkan, HAB Kemenag kali ini akan digelar secara luar biasa. Karena, Kemenag juga akan mengundang seluruh lapisan masyarakat dan berbagai stakeholder lain di luar Kemenag. 

"Ini adalah even pertama perayaan HAB yang dilaksanakan di luar dengan menyertakan berbagai stakeholder lain yang erat kaitan dengan Kemenag," ujar Bowo.

HAB ke-78 Kemenag kali ini mengangkat tema besar "Indonesia Hebat Bersama Umat". Selain akan menggelar doa dan puisi untuk Palestina, Kemenag juga akan menggelar kegiatan menarik lainnya.  

"Banyak sekali acara, akan ada banyak sekali pameran, mulai dari agak serius sampai yang happy-happy. Menjadi bagian ungkapan rasa senang kita menyongsong atau menikmati HAB ke-78," ucap Bowo. 

Pada hari kedua, yakni pada 3 Januari 2024, Kemenag akan menggelar apel HAB di Tugu Proklamasi serta akan dilakukam serentak di Kemenag daerah. Selain itu, akan dilanjutkan kerja bakti bersih-bersih rumah ibadah.

Sedangkan pada 4 Januari 2024, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan menggelar pertemuan dan arahan kepada 4.000 aparatur sipil negara (ASN). 

Sebagai puncak acara pada 5-7 Januari 2024 digelar Devotion Experience (Dev-X) di JCC, Senayan, Jakarta. Acara ini akan menampilkan berbagai anjungan dari 11 satuan kerja Kemenag tentang program-program prioritas Kemenag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement