Ahad 10 Dec 2023 08:57 WIB

Zionis Israel tidak Cuma Bangkrut Ekonomi, Ini Kerugian Tentara Mereka Akibat Gempur Gaza

Zionis Israel abaikan seruan PBB untuk genjatan senjata di Gaza

Rep: Lintar Satria, Mabruroh, Dwina Agustina/ Red: Nashih Nashrullah
Tentara Ziones Israel (lustrasi). Zionis Israel abaikan seruan PBB untuk genjatan senjata di Gaza
Foto:

Ketujuh, Tentara Israel juga melakukan penghimpunan dana di Negeri Paman Sam dan berhasil mengumpulkan hampir 10 juta dolar AS.

Sementara itu, Amerika Serikat memveto usulan Dewan Keamanan (DK) PBB untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan dalam perang antara Israel dan Hamas di Gaza, Jumat (8/12/2023). 

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Robert Wood mengatakan, rancangan resolusi tersebut dinilai terburu-buru dan tidak seimbang.

"Yang tidak sesuai dengan kenyataan, yang tidak akan membawa kemajuan dalam hal yang konkret," ujar Wood di hadapan anggota DK PBB lain.

Wood menyatakan, Amerika Serikat tidak mendukung seruan resolusi untuk gencatan senjata yang tidak berkelanjutan. Dia menilai, pertimbangan itu dilakukan agar tidak menanam benih bagi perang berikutnya.

Amerika Serikat telah menawarkan amandemen substansial terhadap rancangan tersebut, termasuk kecaman atas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan 240 orang disandera. Namun tindakan ini secara diplomatis mengisolasi Amerika Serikat di DK PBB karena melindungi Israel.

Amerika Serikat dan Israel menentang gencatan senjata karena mereka yakin hal itu hanya akan menguntungkan Hamas. Namun Washington mendukung jeda dalam pertempuran untuk melindungi warga sipil dan mengizinkan pembebasan sandera yang disandera oleh Hamas.

Dari 15 perwakilan, sebanyak 13 anggota DK PBB lainnya mendukung rancangan resolusi (UEA) yang diajukan oleh Uni Emirat Arab, sementara Inggris abstain. Rancangan ini sebelumnya disponsori bersama oleh hampir 100 negara anggota PBB dan mendapat dukungan dari 13 anggota DK PBB.

Baca juga: Dua Surat Alquran Dibuka dengan Kata Tabarak, Ini Rahasianya yang Agung 

Militer Israel mengatakan perang dengan Hamas di Gaza menewaskan 420 tentara mereka. Dalam periode yang sama Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan serangan Israel ke kantong pemukiman padat penduduk itu sudah menewaskan 17.177 orang Palestina dan melukai sekitar 46 ribu orang lainnya.

Sementara itu, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 266 orang di daerah pendudukan Tepi Barat, dan melukai sekitar 3.365 orang lainnya.

photo
Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat membahas resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat (8/12/2023). - (Tim infografis republika.co.id)

 

 

Sumber: arabnews 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement