Rabu 06 Dec 2023 21:33 WIB

Pemkab dan Baznas Kabupaten Lombok Salurkan Bantuan Palestina Rp 1,8 M Melalui Baznas RI

Baznas sudah mengirimkan dua tahap bantuan untuk masyarakat Palestina.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina dari Pemerintah Kabupaten dan Baznas Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp 1,8 miliar.
Foto: Dok. BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina dari Pemerintah Kabupaten dan Baznas Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp 1,8 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima penyaluran infak kemanusiaan Palestina dari Pemerintah Kabupaten dan Baznas Kabupaten Lombok Tengah sebesar Rp 1.802.000.000. Secara simbolis penyerahan bantuan tersebut diselenggarakan di Gedung Baznas RI, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, pemerintah setempat dan Baznas Kabupaten Lombok Tengah yang telah berkolaborasi dalam membantu masyarakat Palestina. 

Baca Juga

Noor menjelaskan, Baznas telah mengirimkan dua tahap bantuan untuk masyarakat Palestina yang dilepas oleh Presiden RI, juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan Palestina bekerja sama dengan TNI AL. Bantuan tersebut berupa obat-obatan, alat kesehatan, makanan pokok dan lainnya. 

"Tidak hanya itu, guna memudahkan pengiriman bantuan untuk masyarakat Palestina Baznas juga telah melakukan kerja sama dengan tiga lembaga besar di Mesir seperti Mishr Al Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat, serta Egyptian Red Crescent Society (ERCS), karena bantuan yang bisa masuk ke Gaza, Palestina hanya bisa melalui Mesir," jelasnya. 

 

Noor menegaskan, Baznas akan mengelola seluruh infak kemanusiaan Palestina ini sebaik-baiknya sehingga dapat diterima oleh masyarakat Palestina, dan akan dikelola sesuai dengan prinsip 3A (Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI). 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, menyampaikan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memfasilitasi penyaluran bantuan bagi Palestina. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Lombok Tengah TGH. Ma'arif Makmun Diranse mengatakan, bantuan yang terkumpul terkumpul merupakan bentuk solidaritas dari BAZNAS Kabupaten Lombok Tegah, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, juga seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah.

"Insya Allah ini merupakan bantuan tahap pertama, dan mudah-mudahan bantuan ini dapat  disalurkan secara tepat guna, bagi masyarakat Palestina," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement