Jumat 01 Dec 2023 22:21 WIB

Syarikat Islam Indonesia: Bangsa Indonesia Harus Bersyukur Dipersatukan Pancasila

Pancasila merupakan falsafah hidup berbangsa dan bernegara

Ilustrasi Pancasila. Pancasila merupakan falsafah hidup berbangsa dan bernegara
Foto:

Ia menegaskan pada tingkat ini, umat Islam tidak hanya diharapkan memiliki ilmu agama yang cukup, tetapi pemahamannya harus lentur, luwes, bisa menyesuaikan dimana dia tinggal. Dengan keluwesan ini, seorang Muslim bisa senantiasa mencintai keadilan dan kesetaraan dalam bermasyarakat, di mana saja dan kapan saja.

Dalam mengupayakan terwujudnya kerukunan, katanya, tentu akan ada tantangan dari individu dan kelompok yang memiliki orientasi berbeda. Ketika menemukan yang demikian, maka masyarakat bisa meneladani Nabi Muhammad SAW yang menjawab pernyataan sumbang dengan perkataan 'qalu salama' atau membalasnya dengan sopan. Kesantunan menjadi ciri orang yang beriman dalam interaksinya dengan manusia lainnya.

Ia menambahkan kesantunan sebenarnya erat kaitannya dengan akal. Manusia digariskan sebagai makhluk yang paling baik karena mereka memiliki dan menggunakan akalnya untuk mencerna wahyu ilahi. Oleh karenanya, hanya orang yang memiliki akal sehat yang bisa mempraktikkan kesantunan.

"Rasul pernah bersabda, 'ad diin al muammalah', agama itu adalah muamalah atau interaksi secara personal maupun antargolongan. Semakin bagus praktik muamalahnya, semakin santun interaksinya dengan manusia lain, maka semakin baik pula kualitas keagamaannya," ucapnya.

Maka dari itu, tuturnya, sangat disayangkan apabila belum apa-apa, masyarakat sudah men-'judge' atau menghakimi suatu informasi atau peristiwa yang belum jelas kebenarannya. Baru sekali mendengar atau membaca tulisan yang beredar, namun bisa langsung percaya begitu saja.

Baca Juga: Raksasa Bank Riba Yahudi-Jerman Rothschild yang Kuasai Dunia dan Isyarat Alquran

"Saya sendiri jika melihat hal yang secara prinsip sangat mengganggu kerukunan, saya akan datangi untuk bertemu dan berdialog. Dengan begitu, kita tahu betul latar belakang permasalahan yang sedang kita hadapi. Seringkali kita menemukan bahwa pemahaman agamanya sudah bagus, tinggal pola komunikasi saja yang perlu kita benahi,"  kata dia.

Menutup penjelasannya, ia mengingatkan bahwa Islam yang diturunkan Allah SWT sifatnya universal karena Islam diturunkan untuk menjadi rahmat seluruh alam dan tidak terbatas pada golongan tertentu saja.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement