Jumat 01 Dec 2023 06:05 WIB

PM Spanyol: Uni Eropa Harus Akui Negara Palestina

Pengakuan Palestina sebagai sebuah negara akan mengakhiri konflik.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.
Foto:

Sejumlah negara kecil di Eropa telah mengambil langkah ini, terutama negara-negara Eropa Timur seperti Hungaria, Polandia, dan Rumania yang telah melakukan hal tersebut sebelum mereka bergabung dengan UE. Namun, hingga saat ini belum ada anggota besar blok tersebut yang melakukan tindakan tersebut sehingga menjadikan Spanyol sebagai pionir.

Parlemen Spanyol pada 2014, memberikan suara mendukung resolusi yang menyerukan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Namun, pemungutan suara tersebut tidak mengikat dan belum ada tindak lanjutnya.

“Situasinya telah berubah,” kata Sanchez kepada TVE, seraya menambahkan negara-negara Arab tidak memahami posisi UE.

BACA JUGA: Warga Thailand Dilaporkan Tempur Bersama Israel, Ulama Thailand: Menusuk dari Belakang

“Selama bertahun-tahun, kita telah melihat bagaimana Israel secara sistematis menduduki wilayah Palestina,” tambahnya mengacu pada pembangunan permukiman Israel.

Menurut Amnesty International, kebijakan Israel yang menempatkan warga sipil di wilayah pendudukan Palestina dan menggusur penduduk lokal bertentangan dengan aturan dasar hukum kemanusiaan internasional. Warga Palestina mengatakan permukiman tersebut membahayakan tujuan mereka untuk mendirikan negara di Tepi Barat dan Jalur Gaza, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Israel pekan lalu...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement