Jumat 01 Dec 2023 06:05 WIB

PM Spanyol: Uni Eropa Harus Akui Negara Palestina

Pengakuan Palestina sebagai sebuah negara akan mengakhiri konflik.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.
Foto: EPA-EFE/OLIVIER MATTHYS
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Spanyol telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Spanyol juga meminta Uni Eropa (UE) untuk turut mengakui kemerdekaan Palestina dan menjamin hak-hak rakyatnya, sebagai upaya untuk mengkahiri konflik Israel-Palestina.

“Uni Eropa harus mengakui negara Palestina karena hal ini akan membantu mengakhiri konflik Israel-Palestina dan menstabilkan kawasan,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, dilansir dari Al Arabiya, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga

“Jelas bahwa kita harus menemukan solusi politik untuk mengakhiri krisis ini dan solusi ini, menurut pendapat saya, memerlukan pengakuan terhadap negara Palestina,” kata perdana menteri dari Partai Sosialis itu dalam wawancara dengan televisi publik Spanyol, TVE.

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

 

“Eropa berkepentingan untuk mengatasi masalah ini berdasarkan keyakinan moral, karena apa yang kita lihat di Gaza tidak dapat diterima, dan juga untuk tujuan geopolitik untuk menstabilkan kawasan,” tambahnya.

Ketika dia dilantik untuk masa jabatan baru bulan ini, Sanchez mengatakan prioritas kebijakan luar negerinya adalah bekerja di Eropa dan Spanyol untuk mengakui negara Palestina. Jika tidak ada konsensus di antara 27 negara anggota UE, Sanchez mengatakan Madrid tidak menutup kemungkinan mengakui negara Palestina secara sepihak.

Sejumlah negara kecil di Eropa telah...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement