Jumat 24 Nov 2023 10:09 WIB

Kehidupan Dunia Bukan Akhir, Berpikirlah Ulang Jika Ingin Berbuat Maksiat?

Kehidupan dunia bukan akhir dari perjalanan umat manusia

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi kehidupan dunia. Kehidupan dunia bukan akhir dari perjalanan umat manusia
Foto:

Kita juga perlu menyadari bahwa Allah SWT menyaksikan semua perbuatan kita. Dia mencatat semuanya, meskipun kita melupakan jutaan maksiat itu: 

يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْاۗ اَحْصٰىهُ اللّٰهُ وَنَسُوْهُۗ وَاللّٰهُ  عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدٌ  

“Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Mahamenyaksikan segala sesuatu.” (QS. al-Mujadilah ayat 6)  

Di saat manusia menghadap Allah SWT, semua harta maupun jabatan yang dia miliki, sama sekali tidak bermanfaat baginya. Allah SWT berfirman: 

يَوۡمَ لَا يَنۡفَعُ مَالٌ وَّلَا بَنُوۡنَۙ‏ اِلَّا مَنۡ اَتَى اللّٰهَ بِقَلۡبٍ سَلِيۡمٍؕ‏ “Di hari harta dan anak tidak lagi bermanfaat, kecuali orang yang datang menghadap Allah dengan hati yang salim.” (QS as-Syu'ara ayat 88-89)  

Bisa jadi saat di dunia ada orang yang berkuasa, terbebas dari pantauan KPK, bahkan kebal terhadap hukum negara. Namun, ini semua tidak berlaku di akhirat. Allah Mahamelihat, Dia menyaksikan dan akan menghakimi semuanya.  Allah SWT berfirman: 

قُلْ اَيُّ شَيْءٍ اَكْبَرُ شَهَادَةً ۗ قُلِ اللّٰهُ ۗشَهِيْدٌۢ بَيْنِيْ وَبَيْنَكُمْ 

“Katakanlah: Siapakah yang lebih kuat persaksiannya? Katakanlah: Allah. Dia menjadi saksi antara aku dan kalian.” (QS al-An'am ayat 19) 

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

 

Semua ayat di atas mengajarkan kepada kita bahwa kita harus sadar akhirat. Sadar bahwa semua perilaku kita akan dimintai pertanggungjawaban di depan Zat yang Mahammelihat. 

 

Dengan berbekal prinsip sadar akhirat, seorang hamba akan lebih mudah untuk diingatkan terhadap aturan syariat dalam masalah harta, sekalipun bisa jadi aturan itu kurang menguntungkan bagi dunianya.  

photo
Infografis Tanda Orang Sabar dan Taubat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement