Rabu 22 Nov 2023 15:13 WIB

Syekh Isa Gugur Syahid Bersama Keluarganya, Selain Hafiz Alquran Ini Sosok Almarhum

Syekh Isa gugur akibat serangan Zionis Israel di Jalur Gaza

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Syekh Isa Al-Herthani, relawan Daarul Quran di Gaza gugur. Syekh Isa gugur akibat serangan Zionis Israel di Jalur Gaza
Foto: Dok Istimewa
Syekh Isa Al-Herthani, relawan Daarul Quran di Gaza gugur. Syekh Isa gugur akibat serangan Zionis Israel di Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Keluarga besar Daarul Quran telah kehilangan Syekh Isa Al-Herthani, relawan yang merupakan warga Gaza, gugur syahid akibat serangan zionis Israel. 

Pimpinan Daarul Quran, Muhammad Anwar Sani, mengatakan Syekh Isa adalah bagian dari Tim Perwakilan Laznas PPPA @daarul_quran untuk Palestina, sekaligus Pengasuh Rumah Tahfiz  Daarul Quran Gaza. 

Baca Juga

"Sebenarnya almarhum bergabung dengan Daarul Quran sejak 2014 saat pendirian rumah tahfiz di Gaza. Namun baru sepekan diresmikan, Rumah Tahfidz itu diserang 12 roket oleh Israel,"ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (22/11/2023).

Syekh Isa kemudian tetap bersama Daqu membangun kembali Rumah Tahfiz yang rusak meski harus mengumpulkan donasi kembali dari rakyat Indonesia. Setelah Rumah Tahfiz kembali dibangun, Syekh Isa kemudian menjadi pengajar di sekolah tersebut. 

 

Hanya saja kegiatan belajar mengajar tidak bisa berjalan setiap hari. Ketika situasi aman mereka akan belajar di Rumah Tahfiz. 

Namun jika sedang dalam situasi perang maka sekolah libur dan Syekh Isa akan bergerak menjadi relawan seperti yang dilakukan sebulan belakangan.   

Ustadz Anwar Sani yang pernah bertemu dengannya ketika berkunjung ke Indonesia mengagumi akhlak beliau. Syekh Isa dikenal sosok yang santun dan rendah hati. 

Ketika berkunjung ke Indonesia, Syekh Isa menjadi tamu istimewa dalam podcast eksklusif Laznas PPPA @daarul_quran. Beliau memukau dengan melantunkan ayat suci Alquran Surat Al-Mukminun ayat 102-106. 

Syekh Isa, dengan hati penuh amanah, penuh dengan resiko, penuh dengan perjuangan. Butuh keberanian Syekh Isa memutuskan bersedia untuk menjadi perwakilan Laznas PPPA Daarul Quran untuk menyalurkan bantuan donatur di Indonesia sejak pertengahan Oktober lalu.

Berkat beliaulah, donasi-donasi Palestina yang dihimpun Laznas PPPA Daarul Quran sampai kepada para wanita, ibu yang kehilangan suami, anak yang kehilangan ayah dan ibu, ayah yang kehilangan anggota keluarganya di tengah konflik Palestina dan Israel yang tak kunjung usai. 

Baca juga: Syekh Isa, Relawan Daarul Quran di Gaza Syahid Sekeluarga dan Kisah Putri Dambaannya

"Saya sempat berpikir bagaimana caranya donasi sampai ditangan warga yang membutuhkan dengan situasi sulit saat ini, tetapi Syekh Isa dengan semangat dan keberanian luar biasa mampu menyerahkan bantuan ke tangan-tangan yang berhak," ujar dia. 

Pada Kamis (16/11//2023), komunikasi dengan beliau terhambat, dan pada Ahad (19/11/2023), kabar pilu datang, Syekh Isa dinyatakan wafat bersama keluarganya. Padahal putri keduanya belum genap satu bulan ketika satu keluarga wafat.  

"Mari bersama-sama mendoakan kepergian beliau. Semoga Allah memberikan tempat terbaik, dan mereka semua menjadi ahli surga, amin," ujar dia.  

Sejak 2018 lalu, Syekh Isa telah... 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement